Bapak BPK Lapor : Proyek Pembangunan Pukesmas Kutabuluh Tahun 2021 Merogoh Kocek 4,6 Milyar, Bangunan Tidak Sesuai Speck, Terbukti Banyak Yang Rusak

Pembangunan Puskesmas Kutabuluh Berbiaya 4, 6 Miliar Terkesan Jorok dan Kumuh

Beritatrends, Tanah Karo – Puskesmas kuta buluh, dikecamatan kutabuluh, kabupaten karo disinyalir dapat sebagai salahsatu sumber penyakit dikarenakan ada pembiaran genangan air yang dibiarkan dan tidak dibersihkan tepat ditengah tengah bagian dalam gedung.

Diketahui melalui papan informasi proyek bahwa pembangunan puskesmas kutabuluh berbiaya Rp 4,643.590.064 (Empat miliar enamratus empatpuluh tiga juta limaratus sembilanpuluh ribu enampuluh empat rupiah) dilaksanakan oleh CV Karya Utama dengan waktu pelaksanaan, tanggal 23 agustus s/d 20 Desember 2021 dengan sumber dana alokasi khusus (DAK) Dinas kesehatan Kabupaten Karo tahun anggaran 2021.

Kepala Puskesmas Kuta Buluh saat dikonfirmasi tim media terkait kondisi Puskesmas Kutabuluh menjawab Pemeliharaan gedung masih ada dan genangan air tersebut dikarenakan hampir sama ketinggian permukaan pembuangan diruang terbuka dengan pipa besar, sehingga tidak mengalir.

Lanjut Dr WastaSinulingga menjelaskan bahwa sudah disampaikan dan sudah dilihat pengawas, lagi dikoordinasikan pengawas dan pemborong, jelas kapus kutabuluh, Jumat, (9/12).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo dr.g Irna Sufina Br Sembiring menjelaskan, pekerjaan pemeliharaan belum selesai dan genangan air karena kemarin hujan lebat dan sudah saya suruh Kapus bersihkan, jumat (9/12/2022).

Selanjutnya tim awak media mempertanyakan bahwa genangan air didalam gedung Puskesmas tersebut dapat menjadi sumber timbulnya penyakit, dan genangan air terlihat sudah lama karena ditumbuhi lumut, terlihat sangat kotor.

Serta tim juga mempertanyakan titik lokasi tempat pembuangan pengelolaan limbah serta sumur resapan pada lokasi Puskesmas Kutabuluh, hingga berita ditayangkan dr.g Irna tidak lagi memberi jawaban.

Berdasarkan amatan awak media dilokasi gedung Puskesmas Kutabuluh terlihat sangat kotor, kumuh, sampah berserakan, air tergenang dan fisik bangunan yang dibangun pada tahun 2021 tersebut terlihat ada retak-retak dan berlepasan.

Pos terkait