Peluang Perempuan Dalam Berpolitik Menjadi Trend di Era Digital

Tingkatkan Partisipasi Politik Perempuan Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik

Beritatrends, Magetan – Melihat tren peluang perempuan menjadi pemain aktif dalam politik yang semakin terbuka, Pemkab Magetan melalui Bakesbangpol menggelar sosialisasi pendidikan politik di Aula Gedung Pertemuan Hotel Bukit Bintang, Jumat (9/12/2022).

Dengan mengusung tema “memperkuat peran dan partisipasi pemilih perempuan dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024”, sosialisasi tersebut digelar untuk meningkatkan partisipasi politik perempuan pada pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Adapun yang menjadi peserta sosialisasi adalah para perempuan yang tergabung dalam Perkumpulan Organisasi Wanita (POW) Magetan, yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Setdakab, Ketua KPU, dan Ketua Bakesbangpol Magetan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Magetan, Fahrudin, memaparkan bahwa presentase Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Magetan sejumlah 51% banding 49%. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan mendominasi dalam partisipasi pemilihan.

Tingginya angka tersebut kemudian dinilai memiliki potensi sehingga perlu diadakan sosialisasi pendidikan politik. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. “Dengan prinsip tanpa tekanan, tanpa iming-iming, dan sebagainya,” tambah Fahrudin.

Sementara itu, Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti, menyampaikan bahwa perempuan memiliki peran penting dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurutnya, perempuan punya banyak pilihan dalam dunia politik, yakni dapat ikut berkompetisi atau hanya sekedar menjadi pemilih. “Selain itu juga dapat terlibat dalam pemilihan, antara lain ikut mengawasi, membantu sosialisasi pendidikan politik, memantau survei dan hitung cepat, dan masih banyak lagi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nanik mengatakan bahwa perempuan tidak hanya mempunyai hak pilih, tetapi juga untuk dipilih. “Karena kehadiran perempuan dapat memberikan kontrol dalam membuat kebijakan untuk mencapai hak-haknya,” pungkasnya.

Pos terkait