Optik Omega Jaya Ikut Ramaikan Kirab Lintasan Sejarah Ponorogo

Optik Omega Jaya Ikut Ramaikan Kirab Lintasan Sejarah Ponorogo.

Beritatrends, Ponorogo – Setelah vakum 2 tahun, Kirab Pusaka Lintas Sejarah dalam rangka napak tilas perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Ponorogo dari Kota Lama ke kota baru yang saat ini menjadi pusat pemerintahan Kota Reog, kembali digelar meriah, Jumat (29/8/2022) siang.

Optik Omega Jaya Ikut meramaikan Kirab Lintasan Sejarah dan Jamasan Pusaka Kabupaten Ponorogo dengan berpartisipasi dalam kirab tersebut.

Kirab dimulai dari Kirab dimulai dari Kota Lama, menuju ke Jalan Bathoro Katong, Jalan KH. Ahmad Dahlan, Jalan Hos Cokroaminoto, Jalan Sudirman, dan berakhir di Paseban Alon-alon Ponorogo.

Optik Omega Jaya sebelumnya memang rutin mengikuti kirab ini, Arak-arakan nya kali ini mengusung tema Ratu Kalinyamat yang merupakan pahlawan tanah jawa dan salah satu putri dari Raja Demak Trenggana.

Perjuangan sosok Ratu Kalinyamat terkenal dengan kisahnya saat mengirim ribuan prajurit Jepara untuk bebaskan Malaka dari Portugis, pada waktu itu.

“Sosok Ratu Kalinyamat, Bupati Jepara terkenal berani dan sering menentang penjajahan Portugis saat penjajah,” ucap Manager Optik Omega Jaya, Titis Pahlawanita Novi Sayoga saat ditemui selepas acara.

Pada kirab ini, Peran Ratu Kalinyamat mampu ditampilkannya dengan sempurna sebagai sosok putri cantik jelita yang duduk di singgasana didampingi para prajurit berkuda.

Suguhan ini pun menghipnotis penonton dan seakan membawanya ke sejarah kejayaan Kerajaan Demak Trenggana.

Titis mengatakan, antusias masyarakat Ponorogo dalam kirab tersebut luar biasa, mungkin karena sebelumnya vakum selama 2 tahun.

“Kami Optik Omega Jaya selain memeriahkan Grebeg Suro dan Hari Jadi Ponorogo ke-526 juga ikut uri-uri budaya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain ikut meramaikan kirab, tujuan ke ikut sertanya ini juga merupakan melestarikan Budaya Ponorogo.

“Tugas kita menjaga hal baik yang diwariskan leluhur kita dan mewariskan hal yang baik kepada anak cucu kita,” ucap Titis.

Pos terkait