Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk Meriahkah Tasyakuran dan Bersih Desa Pekon Tambahrejo 

 

Beritatrends, Pringsewu – Bersih/Merdi desa adalah sebuah ritual dalam masyarakat yang merupakan salah satu warisan dari nilai-nilai luhur lama budaya, yang menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk mempertahankan tradisi dan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, warga Pekon Tambahrejo Kecamatan Gadingrejo  menggelar Bersih Desa, kegiatan digelar pada hari Minggu (14/7/2024).

“Kesenian wayang kulit merupakan seni tradisional jawa warisan seni budaya asli Indonesia yang patut dilestarikan, seni wayang kulit sendiri, juga menampilkan atraksi untuk menarik penonton dan selalu di tunggu tunggu masyarakat yaitu goro- goro, Kegiatan wayang kulit dalam rangka Bersih Desa ini diharapkan berlangsung tertib dan aman, Kepada masyarakat pengunjung yang datang menyaksikan untuk waspada dan hati-hati terhadap barang yang dibawa, dan Himbauan kepada juru parkir agar lebih hati-hati dalam melakukan pengaman sepeda motor yang dititipkan ditempat parkir,” Ungkap Kepala Pekon Tambahrejo Supriyadi .
Selain itu pagelaran wayang kulit juga sekaligus sebagai wujud kecintaan terhadap keberadaan suku, seni dan budaya yang melekat pada bangsa kita. Kegiatan ini sebagai bukti bahwa para sesepuh sangat komitmen untuk selalu melanggengkan seni dan budaya, lewat acara ini kami berupaya untk membangkitkan kembali kepedulian masyarakat, khususnya para generasi muda untuk kembali ke tradisi dan budaya leluhur.  “Kegiatan Merdi Desa ini sudah berlangsung dari tahun ke tahun, dalam kesempatan ini juga menyampaikan kegiatan Bersih Desa ini yang mendatangkan Ki Dalang Muryanto, dengan lakon Semar Bangun Jiwo, untuk biaya sudah dianggarkan di APBDes dan ditambah dengan iuran warga masyarakat Pekon Tambahrejo .

Saat di konfirmasi Ketua Panitia Kegiatan Wayang kulit mengatakan kepada media ini (14/7) “Rangkaian Tasyakuran dan Bersih Desa diawali dengan Pengajian doa bersama dan pemberian santunan kepada masyarakat , acara ini diselenggarakan setiap tahun.
“Bersih Desa ini menjadi momen bagi warga sebagai ajang silaturahmi sekaligus tasyakuran. Warga yang merantau banyak yang pulang dan ikut serta dalam kegiatan bersih desa,” jelasnya.

Baca Juga  DPC PERADI Magetan Gelar Halal Bi Halal dan Tasyakuran

Hadir dalam acara tersebut Danramil Gadingrejo Kapten Redi,Kapolsek Gadingrejo diwakili Bhabinkamtibmas Pekon Tambahrejo,Babinsa Pekon Tambahrejo Sekcam Kecamatan Gadingrejo, Para Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Pemuda dan Para anggota DPRD dan Bakal Calon Bupati Pringsewu.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *