Pameran Tosan Aji Ke-2 di Magetan

Pameran Tosan Aji Ke-2 di Magetan digelar di Pendopo Surya Graha Magetan.

Beritatrends, Magetan – Pameran Tosan Aji kembali di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Magetan di Pendopo Surya Graha Magetan, Kamis (24/11/2022) malam.

Sebagai informasi, tosan aji merupakan pusaka yang terbuat dari metal dengan wujud antara lain keris, pedang, cundrik, badik, dan sebagainya. Adapun yang dipamerkan disini hanya berfokus pada keris.

Pameran Tosan Aji yang digelar kedua kalinya ini di Kabupaten Magetan, didukung oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Magetan.

Pameran Tosan Aji akan diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 24 – 27 November 2022 yang dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Mbah Juno, sapaan akrab dari sesepuh Pekatik Magetan mengatakan, acara pameran Tosan Aji ini merupakan wujud kepedulian dalam pelestarian budaya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia.

“Pameran Tosan Aji ini selain untuk melestarikan warisan budaya leluhur, juga untuk menumbuhkan kecintaan dan memberi edukasi kepada masyarakat khususnya kaum milenial sekarang ini,” kata Mbah Juno.

Terdapat berbagai macam jenis tosan aji yang dipamerkan. Hal tersebut lantaran didukung oleh berbagai kolektor dari luar kota.

Uniknya, pengunjung dapat menscan barcode yang terdapat di atas kotak kaca penutup keris, dimana nantinya akan langsung terhubung ke akun Instagram pemilik. Sehingga pengunjung akan mendapatkan informasi tentang keris tersebut secara lengkap.

Selain pameran, selama tiga hari ke depan juga akan ada edukasi, workshop pande dan perawatan, serta bursa tosan aji.

Ditempat yang sama, Bupati Magetan, Suprawoto, sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini. Beliau juga mengajak warga Magetan, khususnya untuk generasi sekarang agar selalu melestarikan budaya.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Ziarah Makam Gubernur Soerjo : Pihaknya Minta Maaf Performace Farel di Tunda

“Tosan aji merupakan warisan budaya kita, sehingga perlu dilestarikan. Karna kalau bukan kita siapa lagi,” tekan Bupati Suprawoto.

Pos terkait