Pameran Tosan Aji Magetan Kembali Hadir, Pamerkan Ratusan Keris dan Pusaka

Beritatrends, Magetan – Pameran Tosan Aji ‘Joyo Jayaning Nuswantoro’ kembali hadir di Magetan untuk keempat kalinya.

Acara tahunan ini akan berlangsung dari 11 hingga 14 Juli 2024 di Gedung Kesenian Tripandita, yang terletak di selatan Alun-Alun Magetan.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan, Joko Trihono, pameran ini menampilkan 200 bilah pusaka dan keris dari berbagai jenis.

Selain itu, sekitar 60 pebursa tosan aji dan batu mulia dari dalam dan luar kota juga akan berpartisipasi.

“Ini adalah kegiatan peringatan bulan Muharram atau Suro, sekaligus menjadi wadah bagi pegiat budaya yang berkolaborasi dengan pecinta tosan aji dan para empu,” jelas Joko setelah pembukaan pameran.

Selain pameran, rangkaian kegiatan lain seperti Gumolong Lampah Hastungkoro, Andum Bolu Rahayu, pertunjukan seni budaya, dan Gladen Ageng Jemparingan turut memeriahkan acara.

Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, yang membuka Pameran Tosan Aji, memberikan apresiasi terhadap acara ini. Menurutnya, pameran ini adalah sarana untuk mempertahankan warisan budaya leluhur.

“Pameran ini menghormati leluhur kita, mempertahankan eksistensi, dan menghargai karya seni Tosan Aji. Diharapkan acara ini juga dapat membawa nama baik Magetan,” ujarnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk meramaikan acara tahunan ini serta menjaga budaya agar dapat diregenerasi di masa depan.

Baca Juga  Pendidikan Moral di Sekolah Kurang Maksimal, Sepasang Siswa Siswi di Magetan Melakukan Tindakan Tidak Wajar

Pos terkait