Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024, Polres Magetan Gelar Simulasi Sispamkota

Beritatrends, Magetan – Terhitung tiga bulan jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Polres Magetan menggelar peragaan simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) di halaman Mapolres setempat, Senin (19/08/2024).

Gladi lapang ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh unsur pengamanan, mulai dari TNI, Polri, dan stakeholder terkait, dalam menjamin keamanan setiap tahapan Pilkada, serta menghadapi segala potensi gangguan yang mungkin terjadi.

“Ini menunjukkan kesiapan aparat dalam mengamankan Pilkada. Dengan dukungan elemen masyarakat melalui deklarasi Pilkada Damai, kami berharap seluruh proses akan berjalan aman, damai, dan kondusif,” ujar Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana.

Dalam gladi tersebut, ratusan personil dari berbagai instansi dikerahkan untuk memperagakan pengamanan di seluruh tahapan Pilkada, mulai dari patroli, pengawalan, hingga sterilisasi lokasi kampanye.

Bahkan juga digambarkan situasi chaos dari massa secara besar-besaran yang tengah melakukan aksi protes anarkis. Petugas pun memperagakan upaya pembubaran massa mulai dari mengerahkan tim negosiator hingga dilakukan penembakan dengan water canon.

Meski TPS di Kabupaten Magetan masuk dalam kategori kurang rawan, Kapolres menegaskan bahwa pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi maksimal dengan menurunkan 604 personil Polri, bersinergi dengan 203 personil TNI, serta dukungan dari Linmas.

Mereka akan mengamankan 1.033 TPS di seluruh wilayah Magetan, serta kantor penyelenggara pemilu, dan melakukan patroli skala besar.

“Marilah kita bersama-sama menjaga Magetan tetap kondusif agar perekonomian dapat berjalan dengan baik, masyarakat dapat produktif, dan beraktivitas dengan nyaman,” ajak Kapolres.

Pj Bupati Magetan, Nizhamul, yang turut hadir dalam simulasi, menyatakan rasa optimisnya terkait kesiapan pengamanan.

Menurutnya, Sispamkota telah menunjukkan kesiapan yang matang dari para petugas keamanan, yang akan memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam menyalurkan hak suara mereka.

Baca Juga  Danramil 0804/02 Plaosan Hadiri Kunjung Lapang Lomba Desa di Sendangagung

“Kesiapan dalam hal pengamanan Pilkada sudah sangat matang dan sudah terorganisir dengan baik. Saya pikir Pilkada di Magetan akan cukup adem, tentram, dan damai,” ungkapnya.

Pihaknya juga menekankan pentingnya ketaatan pada aturan yang ditetapkan oleh KPU dan Bawaslu, serta menghimbau masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada mendatang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *