Pastikan Perayaan Nataru Aman, Polres Ponorogo Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021

Kang Bupati Sugiri bersama Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo dan Dandim Ponorogo Letkol Muhammad Radhi Rusin memimpin apel dan menyematkan pita kepada personel

 

Beritatrends, Ponorogo – Polres Ponorogo menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Semeru dalam rangka pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di depan Paseban alun-alun, Kamis (23/12) pagi.

Dalam apel pasukan tersebut tetap terapkan protokol kesehatan dengan dihadiri Kang Bupati Sugiri Sancoko, Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo, SIK, MH, Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf. Muhamad Radhi Rusin, SIP, Wakapolres Ponorogo Kompol Meiridiani, SH, MH, MM PJU serta Forkopimda lainnya.

Sebelum membacakan amanat Kapolri, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyematkan pita operasi kepada perwakilan dari anggota Polres Ponorogo, TNI Kodim 0802 Ponorogo dan Dinas Perhubungan Ponorogo.

Kang Bupati Sugiri Sancoko yang menjadi irup saat membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa, apel gelar pasukan ini adalah bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin Semeru 2021 untuk pengamanan perayaan natal tahun 2021 Dan tahun baru 2022.

“Operasi lilin 2021 dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 desember 2021 sampai dengan tanggal 2 januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan professional, “kata Kang Bupati Sugiri.

Kang Bupati Sugiri mengungkapkan pada nataru tahun ini tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

“Kita bersama-sama baik TNI Polri dan Pemkab bersinergi untuk mengamankan Natal dan Tahun baru 2021. Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru Polri mengerahkan 83.917 personil Polri, 15.892 personil TNI, dan 55.086 personil instansi lainnya yang akan ditempatkan di titik titik yang menjadi fokus pengamanan. Diantaranya, tempat-tempat ibadah dan titik-titik yang berpotensi terjadi kerumunan masa dan tempat wisata. Operasi Lilin 2022 disamping melaksanakan tugas pengamanan antisipasi ganggunan Kamtibmas yang dapat terjadi pada momentum perayaan natal dan malam pergantian tahun, jajaran yang terlibat dalam oprasi tersebut diminta melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan bagi masyarakat dengan selalu menghimbau masyarakat untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta melaksanakan gaya hidup sehat, “imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo saat dikonfirmasi melalui Kabag Ops AKP Danang Prasmoko menjelaskan bahwa dalam rangka Operasi Lilin Semeru 2021 ini Polres Ponorogo melibatkan ratusan personil terdiri dari unsur TNI dan instansi terkait.

“Adapun personil akan di tempatkan di titik-titik kerawanan diantaranya Gereja gereja, aloon aloon Ponorogo, penggal jalan yang menjadi icon kota Ponorogo, lokasi perbelanjaan, lokasi wisata dan terminal Selain itu, juga disiapkan 4 Pospam atau Posyan. Pendirian Pospam atau Posyan berada di 4 titik lokasi antara lain pos pantau aloon – aloon Ponorogo, pos pelayanan Jl. Hos Cokroaminoto, Pos Pengamanan Jl. Gajah Mada Kec/Kab. Ponorogo (Depan Gereja Santa Maria) dan Pos Pengamanan St. Helarius Ds. Klepu Kec. Sooko Kab. Ponorogo, “tutup AKP Danang Prasmoko.

Usai apel Kang Bupati Sugiri bersama Kapolres Ponorogo dan Dandim Ponorogo melakukan pengecekan personil serta mengecek kendaraan yang akan digunakan sebagai sarpras dalam Operasi Lilin 2021 di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Pos terkait