Pemkab Magetan Kembali Gelar Pawai Budaya Berbarengan Dengan Launching Akbar Kampus UNESA

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan kembali menggelar Pawai Budaya dengan mengusung tema “Pawai Budaya Bangga Magetan Cinta UNESA Jaya Negeriku”

Pawai Budaya kali ini membawa semangat kebangsaan dan kebanggaan daerah ke tengah-tengah masyarakat, yang berlokasi di Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (25/08/2024)

Tahun 2024 ini Pemkab Magetan menggelar pawai budaya ini juga dirangkai dengan launching akbar dari Kampus UNESA yang ada di Magetan, Jawa Timur.

Seperti yang dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magetan, Joko Trihono, bahwa ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana ditahun sebelumnya digelar di Kota Magetan dan kali ini dirangkai dengan launching akbar dari Kampus UNESA di Magetan, Minggu (25/08/2024)

“Langkah ini menjadi simbol penting dan menandai hadirnya perguruan tinggi di Magetan, yang diharapkan dapat mempercepat peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Magetan,” jelas Joko Trihono.

Sebagai informasi, dalam Pagelaran Pawai Budaya kali ini diikuti sekitar 60 peserta, yang terdiri dari berbagai sekolah mulai tingkat SD hingga SLTA serta Kategori Umum yang ada di Magetan.

“Untuk jenjang SMP, SMA, dan Umum itu sekitar 48 peserta, untuk SD dan tingkat lain berpartisipasi sebagai peserta eksibisi,” imbuh Joko Trihono.

Pawai dimulai dari titik start di Distrik Maospati, melewati Jalan Prawiroyudo, Jalan Rajawali, hingga Jalan Barat, dan berakhir di Kampus UNESA 5 Magetan.

“Rute yang dipilih memiliki filosofi tersendiri menghubungkan pusat pemerintahan masa lalu dengan era modern, dimana kehadiran UNESA diharapkan mampu mencetak SDM unggul yang akan mendorong kemajuan Magetan,” tambah Joko.

Di tengah teriknya sinar matahari, peserta pawai menampilkan berbagai keunikan budaya Indonesia. Mulai dari kostum warna-warni, motif tradisional, hingga mobil hias dan drum band, semua dipersembahkan dengan apik demi memikat hati masyarakat.

Baca Juga  Bupati Sampang Lantik 335 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Administrator Dan Pengawas Di Alun - Alun Trunojoyo

Berbagai kebudayaan Nusantara turut ditampilkan, dengan dominasi tema sejarah kerajaan Jawa yang diusung oleh banyak sekolah.

Antusiasme masyarakat pun tak kalah meriah. Mereka berbondong-bondong memadati pinggir jalan, menikmati serunya karnaval kemerdekaan yang penuh dengan tampilan kreatif dari para peserta.

Penampil terbaik dalam pawai ini akan dinilai oleh tim juri independen yang direkrut oleh Disbudpar Kabupaten Magetan, dan pemenangnya akan diumumkan melalui media sosial Disbudpar dan Kominfo.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang unjuk bakat dan budaya, tetapi juga simbol kebersamaan dan kebanggaan terhadap identitas lokal, sekaligus harapan bagi masa depan Magetan yang lebih maju.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *