Pemkab Ponorogo Kukuhkan Kepengurusan KKD Periode 2023-2024

Beritatrends, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo menggelar pengukuhan Komite Komunikasi Digital (KKD) Periode 2023-2024, yang bertempat di Pendopo Ponorogo, Jawa Timur. Rabu (26/07/2023)

KKD Ponorogo periode 2023-2024 dibentuk guna memerangi berita hoax, missinformasi, dan ujaran kebencian, ditengah disrupsi informasi sekaligus memperkuat edukasi dan literasi kepada masyarakat, dimana di era digital ini banyak limbah dari hasil disinformasi yang menyebabkan kegaduhan di masyarakat, utamanya masyarakat di Kabupaten Ponorogo.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan, dalam etika bermedia sosial itu tidak ada aturan baku, bahkan tidak ada undang-undang yang mengaturnya, namun media sosial itu berbeda dengan media mainstream yang sudah jelas ada undang-undang pers dalam penayangan produk jurnalisnya.

Sugiri mengungkapkan, bahwa Kabupaten Ponorogo menjadi Kabupaten atau Kota ke-11 di Jawa Timur yang sudah mengukuhkan kepengurusan KKD, sehingga dirinya meminta kepada seluruh pengurus agar bisa bekerjasama semaksimal mungkin memberikan informasi yang positif kepada masyarakat.

“Dalam pengukuhan KKD kali ini ada dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Dosen, Organisasi Media, Kepolisian, TNI, dan teman-teman media lainnya, yang mana mereka inilah yang dapat memberikan informasi yang baik, yang positif bagi masyarakat sekitar,” jelas Bupati Ponorogo.

Bupati Sugiri menambahkan, semoga dengan keberadaan KKD ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk mencegah permasalahan penyebaran informasi di media sosial yang sering terjadi.

“Informasi memang kita butuhkan, tetapi kalau informasi yang hoak atau berbohong tentu sangat merugikan kita, utamanya Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Lembaga tersebut diharapkan dapat menekan angka penyebaran informasi bohong. Namun lebih jauh dari itu, komite ini diharapkan mampu mengedukasi masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi bohong yang mengandung ujaran kebencian hingga fitnah,” imbuh Bupati Ponorogo.

Baca Juga  Magetan Raih Peringkat 1 Kabupaten dengan Cakupan Imunisasi Tertinggi se-Indonesia

Lebih lanjut, Bupati menginginkan dalam masa memasuki tahun politik 2024, para anggota KKD harus mampu berperan penting, mengingat saat itu biasanya rawan penyebaran informasi-informasi yang berbau fitnah dan bohong.

“Terakhir saya berpesan kepada para pengurus KKD, bahwa sebentar lagi mengingat masa politik 2024 akan datang, para anggota KKD harus mampu berperan penting dalam menyebarkan informasi yang baik kepada masyarakat,” tutup Bupati Ponorogo.

Pos terkait