Pemkab Serahkan Bantuan Alat Musik Gamelan ke DPD PKB Pujakesuma Asahan

Pemkab Asahan Serahkan Bantuan Alat Musik Gamelan ke DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan

Beritatrends,  Asahan – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan menerima alat musik gamelan dari Pemerintah Kabupaten Asahan yang diserahkan langsung oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc kepada Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto, SH, MAP di Joglo DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan, Kamis (22/09/2022).

Pada penyerahan gamelan ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto, M. Pd melaporkan pemesanan set gamelan ini dilakukan sejak bulan Juni 2022 dengan jumlah barang sebanyak 28 item barang.

Supriyanto juga berharap paguyuban Pujakesuma Kabupaten Asahan berkontribusi terhadap pelestarian budaya, karena ini bagian dari upaya untuk mendukung pemajuan, pemeliharaan serta pengembangan kebudayaan yang ada, sesuai dengan amanat undang-undang dan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan.

Ucapan terimakasihpun disampaikan oleh Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto, SH, MAP kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah memberikan alat musik gamelan kepada DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan. Dimana alat musik gamelan ini telah lama ingin kami miliki.

Ketua berharap Pemerintah Kabupaten Asahan dapat terus mendukung program DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan dalam melestarikan seni budaya etnis jawa di Kabupaten Asahan.

“DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan akan selalu berkoordinasi dengan OPD terkait dalam mengembangkan seni budaya etnis jawa di Kabupaten Asahan”, ucap Ketua.

Ditempat yang sama Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan merupakan tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Asahan dan masyarakat Kabupaten Asahan.

Dalam melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan, Pemerintah Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Forkala Kabupaten Asahan menggelar PSBD yang diikuti oleh setiap etnis yang ada di Kabupaten Asahan. Dan pada tahun 2023, PSBD rencananya akan dilaksanakan.

“Diharapkan setiap etnis dapat menampilkan seni budaya yang dimiliki pada PSBD nantinya, sehingga dapat dilihat oleh masyarakat Kabupaten Asahan, sehingga seni budaya yang kita miliki tetap terjaga kelestariannya”, harap Bupati.

Selanjutnya Bupati berharap Kepada Ketua Forkala Kabupaten Asahan untuk menyampaikan kepada seluruh etnis yang tergabung dalam Forkala dan masyarakat Kabupaten Asahan bahwa tari gubang dan senandung asahan telah resmi menjadi seni budaya milik Kabupaten Asahan.

Mengakhiri pidatonya Bupati meminta kepada setiap etnis yang telah diberikan bantuan dapat menjaga bantuan tersebut dengan sebaik mungkin.

Diakhir kegiatan DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan memberikan kejutan berupa upah-upah kepada Bupati Asahan yang akan menunaikan ibadah umrah dalam waktu dekat ini.

Tampak hadir Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, OPD, beberapa Camat, Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua Forkala Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Pos terkait