Pemprov Gelar Uyon-Uyon di Pendopo Magetan

Pentas Uyon-uyon di Pendopo Surya Graha Magetan.

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim bekerja sama dengan Pemkab Magetan mengelar Uyon-uyon di Pendopo Surya Graha Magetan, Jumat (17/6/2022) malam.

Uyon-uyon adalah persembahan gending-gending (lagu-lagu) Jawa yang diiringi musik dari gamelan (seperangkat alat musik tradisional Jawa).

Bupati Magetan Suprawoto yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan, terima kasih kepada Pemprov telah memilih Magetan untuk mengelar pentas Uyon-uyon.

“Masyarakat dapat menyaksikan langsung di Pendopo Surya Graha, atau melalui streaming,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Sebagai Bupati pihaknya juga berupaya bagaimana cara agar budaya di Magetan tidak hilang oleh waktu dan menghargai seniman yang ada.

“Seniman itu profesi yang pengorbanannya luar biasa, disediakan teh dan kopi aja sudah jalan, berbeda dengan profesi lain,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menjelaskan, jika acara Uyon-uyon diselenggarakan di Magetan selain pelestarian budaya Jawa juga terkandung maksud sebagai ajang perkenalan dan silaturahmi dengan seniman yang ada di daerah.

Pos terkait