Percantik Kawasan RTM dan Bosbow, Wali Kota Madiun Ajukan Konsep ke Kementerian

Beritatrends, Madiun – Percantik tatanan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun, kali ini Wali Kota Madiun Maidi berencana untuk mempercantik kawasan Rumah Tahanan Militer (RTM) dan Bosbow kedepan.

Rencana rehabilitasi aset milik TNI ini sudah mulai dikonsep dengan menggandeng pihak ketiga. Wali Kota Madiun berencana menyondingkan konsep tersebut ke Kementerian Pertahanan ke depan.

“RTM dan Bosbow ini kan seperti rumah hantu saat ini. Tidak terawat. Ini akan kita ajukan ke kementerian pertahanan. Tentu saja kita harus punya konsepnya dulu,’’ kata wali kota usai pemaparan konsep dengan rekanan di Balai Kota, Rabu (25/5/2022).

Menurut Wali Kota Madiun, kedua aset tersebut akan menjadi suatu daya tarik tersendiri jika terkelola dengan baik.

Rencananya, wali kota ingin menjadikan kedua lokasi sebagai wisata edukasi sejarah. Keduanya memang menyimpan potensi sejarah. Bahkan, tercatat sebagai bangunan cagar budaya. RTM dan Bosbow, kata wali kota, akan dikonsep seperti era kolonial dengan tetap mempertahankan bangunan aslinya.

‘’Ini bisa menjadi media edukasi. Anak-anak bisa belajar kalau dipenjara itu tidak enak karenanya jangan sampai melanggar hukum,’’ ujarnya.

Selain bagian luar RTM yang disulap bak bangunan era kolonial, wali kota ingin ditambahkan café yang juga berkonsep serupa. Kawasan RTM memang akan menjadi satu kawasan wisata Pahlawan Street Center (PSC) dan Sumber Wangi. Sedang, Bosbow akan dikonsep seperti Istana Bogor. Kedua kawasan itu akan lebih menghasilkan jika terkelola dengan baik.

‘’Yang terpenting kita sondingkan dulu. Kalau nanti sudah ada MoU, kan saya bisa menggunakan APBD untuk pengoptimalannya. Aset-aset di kota ini harus kita optimalkan untuk kepentingan masyarakat tentunya,’’ pungkasnya

Pos terkait