Rutan Magetan Tingkatkan Pelayanan Prima Buat Warga Binaan dan Keluarga Binaan

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Magetan, terus melakukan berbagai pembenahan sarana dan prasarana

Beritatrends, Magetan – Dalam mewujudkan Pemasyarakatan yang PASTI, petugas Rutan Kelas IIB Magetan dalam menjalankan tugas dan fungsi terus berbenah dalam memberikan pelayanan yang prima bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Magetan, terus melakukan berbagai pembenahan sarana dan prasarana khususnya untuk layanan kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan.

Berdasarkan pantauan Media Ini, disinyalir Rutan Magetan terus melakukan pembenahan semua pelayanan untuk kenyamanan warga binaan dan keluarga warga binaan Pemasayarakatan, salah satunya Titipan sijalu, komonikasi vidio call dan sebagainya, Jumat (26/8/2022).

Perbaikan saprras tersebut menjadi salah satu prioritas utama Rutan Magetan untuk meningkatkan pelayanan bagi para keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan.

Saat diwawancarai Kepala Rutan Magetan Eries Sugianto mengatakan, kami mulai proses dalam pembenahan pelayanan itu pertengahan Tahun 2020, jadi sudah terhitung hampir 2,5 tahun lebih, untuk memberikan pelayanan yang seluas-luasnya, pelayanan yang prima buat warga binaan maupun keluarga binaan.

Kami membuat One Stop Service di area Lapas dijadikan satu untuk layanan Video call, layanan penitipan makanan atau Nitip Sijalu, Taman Bacaan, layanan Selfe Service, Litmas Online, dan Layanan Wartel Pas untuk service warga binaan terus diluar kita juga membuat PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk memudahkan mengakses layanan pada warga binaan.

Jadi inikan berawal dari ada keluhan dari warga binaan, kalau dulu makanan titipan sebelum ada inovasi, pagi berikan baru siangnya samapai ke warga binaan. Makannya dari itu kami membuat inovasi penitipan makanan real time dengan tujuan yang pertama adalah kepastian waktu, seakan-akan yang memberi dan yang menerima ini langsung memberikan ke real time jadi kita gunakan teknologi yang ada.

Disamping itu memberikan makanan itu jumlahnya sesuai dengan yang diberikan sama keluarganya dan juga menjamin makanan itu masih fresh, jadi kalau di depan panas di terima juga panas.

Sedangkan penitipan uang penerimaan uang itu kita menggunakan pc jadi disini kita bebas dari pemilihan uang jadi nanti keluarga langsung top up di tempat maupun top up di galeri ATM BRI.

Yang jelas tujuan kami adalah memberikan akses yang mudah, gampang dan transparan bagi warga binaan maupun keluarga sehingga nantinya dapat menimbulkan kenyamanan buat warga binaan disini maupun keluarga, jadi tidak ada batasan waktu maupun tempat untuk mempermudah mengakses pelayanan kami.

Kita sudah mulai untuk kunjungan tetap terbatas kita sambil mengikuti level daerah setempat kita buka sementara ini hari Selasa dan Kamis nanti selanjutnya kita lihat perkembangannya kalau intruksi dan kondisi di wilayah kami sudah aman, kami buka setiap jam kerja.

Pihaknya menghimbau kepada rekan-rekan petugas disini yang pertama bahwa tujuan kita adalah memberikan pelayanan yang prima tidak ada namanya pembuly dan kasus korupsi sehingga ini dampaknya akan memberikan kenyamanan pada binaan kami dan keluarga yang menggunakan pelayanan kami sehingga kita harapkan bahwa ini dapat memberikan keamanan dan ketertiban, sehingga masyarakat mudah mengakses setiap layanan yang kami berikan. Yang jelas motto kami ada kata nilai dari Kementrian Kukum dan HAM yang pasti, jadi Pasti ini adalah profesionalisme, angkutabel, transparan, Sinergi dan Inovatif.

Ditempat yang sama salah satu Warga Binaan Pemasarakatan Magetan Ahmad Harudin mengatakan, pelayanan Rutan Magetan sangat bagus sekali dan selalu membimbing, kami berharap untuk kedepannya tambah lebih baik.

Pihanya terjerat kasus narkoba, dan pihaknya setelah keluar dari rutan harus bisa berubah dan untuk temen-teman warga binaan disini baik-baik semuanya. Selama menjalani pembinaan mendapatkan bimbingan Kerohanian dan bimbingan pekerjaan.

Diruangan Pelayanan Penerimaan Keluarga Binaan Suryanti istri dari Ahmad Harudi saat diwawancarai mengatakan, lagi besuk suami, alhamdulillah selama pelayanan disini untuk menjenguk suami, bapak ibunya ramah-ramah dan baik.

“Harapannya semoga kedepan Lapas Magetan semakin maju, semakin tambah sukses dan Alhamdulillah kalau ada apa-apa terkait suami selalu di kabari saat kami pas besuk.

Pos terkait