BIMTEK Implementasi Kurikulum Merdeka melalui LMS Google Sites bagi Guru SMAN 3 Sidoarjo

Tim Pengabdian Mahasiswa Kimia UM Menggelar BIMTEK Implementasi Kurikulum Merdeka melalui LMS Google Sites bagi Guru SMAN 3 Sidoarjo

Beritatrends, Sidoarjo – Tim pengabdian mahasiswa kimia UM sukses menjalankan pengabdian perguruan tinggi bersama Bapak/Ibu guru SMAN 3 Sidoarjo, Kamis, (25 Agustus 2022).

Kegiatan pengabdian telah berlangsung pada siang hari dengan topik materi “BIMTEK Implementasi Kurikulum Merdeka melalui LMS (Learning Management System) Google Sites.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dari kemendikbudristek yang mencanangkan kurikulum baru yang lebih dikenal dengan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada guru untuk menggunakan berbagai sumber belajar yang dianggap dapat mencukupi kebutuhan dan menunjang aktivitas pembelajaran.

Selain itu, SMAN 3 Sidoarjo juga merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan kepercayaan dari Dinas Pendidikan Jawa Timur sebagai sekolah penggerak sehingga menjadi opsi yang tepat sebagai mitra pengabdian.

Tim pengabdian telah menghadirkan pemateri yang expert di bidang media pembelajaran yaitu Bella Theo Tomy Pamungkas, S.Pd., M.Pd. yang merupakan dosen muda jurusan geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana.

Kegiatan ini sangat penting untuk diikuti karena banyak dari Bapak/Ibu guru yang masih minim kompetensi dalam mengaplikasikan media pembelajaran berbasis digital untuk menunjang proses pembelajaran.

Acara dimulai dengan pembukaan, sambutan, penyampaian materi, pemberian tugas, dan penutup melalui platform zoom.

Sambutan kepala SMAN 3 Sidoarjo, Ibu Ristiwi Peni menuturkan, diharapkan Bapak/Ibu guru dapat meningkatkan kompetensi dalam memanfaatkan digital sebagai penunjang proses pembelajaran.

“Tim pengabdian mahasiswa kimia UM turut menyambut dengan baik dan menyampaikan terimakasih atas antusias Bapak/Ibu guru selama kegiatan berlangsung,” jelasnya.

Selama penyampaian materi dan sharing knowledge, Bella Theo Tomy Pamungkas, S.Pd., M.Pd. memberikan pengetahuan dan tutorial bagaimana cara membuat LMS Google Sites yang baik dan tentunya menarik bagi siswa.

“Melalui LMS Google Sites, guru dapat menyajikan materi, tujuan pembelajaran, capaian pembelajaran, video, dan evaluasi pembelajaran kepada siswa,”terangnya.

Diskusi yang interaktif juga disampaikan Bapak/Ibu Guru mengenai beberapa keunggulan LMS Google Sites jika dibandingkan dengan LMS yang lain.

“Kegiatan penyampaian materi, diskusi, dan tanya jawab berlangsung dengan lancer dan diakhiri dengan sesi penyampaian tugas kepada semua peserta,”pungkasnya.

Pos terkait