Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional di Kabupaten Kampar

Bupati Rohil Menghadiri, Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional(HAKIN) di Kabupaten Kampar

Beritatrends, Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP menghadiri acara peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang diselenggarakan di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Rabu (17/5/2023).

Peringatan HAKIN tahun ini mengusung tema “Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif”.

Acara Hari Keterbukaan Informasi Nasional di Kabupaten Kampar ini, di hadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan  Indonesia Mahfud MD, Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia Donny Yoegiantoro, Plh. Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution serta para Bupati/Walikota se-Riau.

Pada kesempatan itu, Bupati Rohil mengucapkan selamat atas peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional atau HAKIN tahun 2023 dan berharap semoga Komisi Informasi Pusat (KIP) Republik Indonesia sukses selalu dan komitmen mengawal informasi dalam menerapkan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sesuai tugas dan fungsi Komisi Informasi Pusat (KIP) memastikan hak informasi publik hingga ke desa. Selain itu menjamin hak warga negara mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, proses pengambilan kebijakan publik serta alasan pengambilan kebijakan publik tersebut.

Hari keterbukaan Informasi Publik menjadi instrumen utama dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan transparan, memerangi praktek korupsi, bahkan dijadikan acuan keberhasilan dalam pemerintahan.

Lebih lanjut, Bupati Rohil mengatakan, sesuai tema peringatan HAKIN tahun 2023 yakni “Meneguhkan Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Terbuka, Inklusif dan Informatif” semoga Komisi Informasi Pusat mampu mengawal pelaksanaan Pilpres, Pilkada dan Pileg yang transparansi.

“Alhamdulillah pada tahun 2022 yang lalu pemda kabupaten rokan hilir juga¬† dinobatkan sebagai Pemerintah yang Informatif terkait dengan pengelolaan informasi. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi Informasi Provinsi Riau,” paparnya.

Pemerintah Kabupaten Rohil melalui Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik (Diskominfotiks) lanjutnya, akan terus berupaya untuk mewujudkan pemerintahan yang terbuka terhadap informasi publik.

Bupati Rohil juga menjelaskan bahwa, Diskominfotiks Rohil telah melakukan penilaian dan memberikan penghargaan terhadap masing-masing PPIP pembantu di OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang komitmen terhadap pengelolaan dan memberikan informasi kepada masyarakat.

Pos terkait