Persiapkan Program Doyan Baca untuk Masyarakat

Dinas Perpustakaan dan kearsipan
Kabupaten Pesawaran persiapkan Program Doyan Baca, untuk masyarakat

Beritatrends,  pesawaran – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran siapkan program doyan baca. Hal itu karena masih rendahnya minat baca masyarakat Pesawaran.

Hal itu diungkapkan oleh Pustakawan sekaligus Kasi Pelayanan dan Pembinaan (Dispusip) Pesawaran Yuda Auli Purnamasari, ia mengatakan bahwa tingkat baca masyarakat Pesawaran berada di angka 10 persen saja.

“Tentu cukup miris ya, karena kan banyak sekali akses baca yang seharusnya kita gunakan setiap harinya” kata dia saat dijumpai di Aula GSG Museum Nasional Ketransmigrasian Desa Bagelen, Jumat 29 Juli 2022.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Dispusip sejak rutin mengusung misi untuk meningkatkan masyarakat Pesawaran agar membiasakan diri untuk membaca.

“Sejak tahun 2017 kita juga sudah siapkan dua unit mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) untuk memudahkan masyarakat Pesawaran yang ingin membaca buku,” ujar dia.

“Kedua unit mobil Pusling yang beroperasi dengan rutin tersebut masuk ke sekolah-sekolah di kecamatan yang ada di Pesawaran. Dan tentunya kita sudah menyediakan banyak koleksi buku dengan berbagai macam,” timpalnya.

Dirinya menjelaskan, Dispusip Pesawaran juga siapkan program bedah buku sekaligus diskusi bersama yang dilakukan di kantor Dispusip Kabupaten Pesawaran, dengan sasaran kepada masyarakat umum, siswa sekolah dan mahasiswa.

“Hal itu dilakukan agar dalam mencari sesuatu yang bermanfaat bisa dilakukan dengan membaca terlebih dahulu,” ucapnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan membaca anak-anak khususnya, Dispusip Pesawaran menyiapkan program yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Polres Pesawaran.

“Jadi anak-anak diajarkan membaca dengan menggunakan simbol-simbol ataupun rambu, jadi kami bekerja sama dengan Polres Pesawaran juga untuk mengajarkan arti dari simbol maupun rambu dalam lalu lintas,” jelasnya.

“Saya berharap nantinya program-program ini menjadi manfaat dan kebiasaan untuk masyarakat Pesawaran karena semakin banyak membaca semakin banyak pengetahuan yang kita dapat,” pungkasnya.

 

 

Pos terkait