Pertumbuhan Ekonomi dan IPM Tinggi Wali Kota Maidi Optimis Kota Madiun Maju Mendunia

SERAHKAN TUMPENG—Wali Kota Madiun, Maidi didampingi Wakil Wali Kota, Inda Raya menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua DPRD Kota Madiun, Andi Raya pada peringatan Hari Jadi Ke-105 Kota Madiun, Selasa (20/6/2023).

Beritatrends, Madiun-Wali Kota Madiun, Maidi optimis Kota Pendekar akan terus maju dan mendunia menyusul pertumbuhan ekonomi yang bagus sebesar 5,52 persen dan indeks pembangunan manusia yang tinggi sebesar 82,01 persen.

Tak hanya itu, 209 prestasi dan pembangunan berbagai ikon dunia menjadikan Kota Madiun diakui kemajuannya oleh pemerintah propinsi, pemerintah pusat dan dunia internasional.

“Kota ini hari ini selama empat tahun mendapatkan 209 penghargaan. Dari penghargaan itulah nama dan prestasi Kota Madiun dikumandangkan dan diakui baik di propinsi, nasional dan internasional. Kota ini akan mendunia karena ikon-ikon di dunia yang menarik banyak orang sudah kami bangun di Kota Madiun,” kata Maidi usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Jadi Ke-105 Kota Madiun di Alun-Alun Kota Madiun, Selasa (20/6/2023) siang.

JURUS PESILAT—Ratusan pesilat dari berbagai perguruan pencak silat memperagakan salah satu jurus pesilat pada momen peringatan Hari Jadi Ke-105 Kota Madiun di Alun-Alun Kota Pendekar, Selasa (20/6/2023).

Menurut Maidi, setidaknya ada enam ikon dunia yang ada di enam negara dibangun di Kota Madiun. Keenam ikon itu yakni Patung Merlion-Singapura, Replika Ka’bah-Arab Saudi, Menara Eifell-Perancis, Jam Bigben-Inggris, Kincir Angin-Belanda dan Monas-Indonesia.

Mantan Sekda Kota Madiun itu yakin kehadiran keenam ikon itu akan menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung di Kota Madiun. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi pun akan terus naik seiring banyaknya wisatawan datang ke Kota Madiun.

“Magnet-magnet di dunia ada di Kota Madiun. Itulah yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Kota Madiun cukup bagus. Inflasi bisa kita tekan dan stunting kita turun, pengangguran turun dan indek pembangunan manusia kita tinggi sekitar 82 lebih,” tutur Maidi.

Baca Juga  SK Tenaga Kesehatan Pada Rumah Sakit Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak di Seragkan

Maidi menyatakan dengan aneka prestasi dan pesatnya pembangunan ikon dunia maka Kota Madiun tidak kalah eksistensinya dengan kota di negara maju di dunia.

“Melihat kondisi-kondisi ini, maka kota ini dibandingkan dengan kota di beberapa negara baik pertumbuhan ekonomi, indek pembangunannya maka tidak kalah dengan beberapa negara maju di dunia,” jelas Maidi.

Untuk menunjang Kota Madiun mendunia, Maidi juga memperhatikan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Bentuknya dengan memberikan 1.000 beasiswa bagi anak tidak mampu dan anak yatim-piatu.
Tak hanya itu, Pemkot Madiun juga mencarikan beasiswa kuliah gratis bagi warga yang ingin melanjutkan pendidikan pasca sarjana di luar negeri.

“Jadi hari ini ada 1.000 mahasiswa anak tidak mampu dan anak yatim dibiayai Pemkot Madiun dan warga yang ingin melanjutkan pendidikan pasca sarjana sudah dicarikan beasiswa di luar negeri. Untuk itu ilmu-ilmu dunia kami bawa. Dan Ilmu-ilmu dunia kami bekali untuk generasi kedepan. Dan maka inilah Kota Madiun akan mendunia karena tingkat SDM, prestasi dan pembangunannya ini semuanya seiring, sejalan dengan menyambut usia 105 Kota Madiun,” kata Maidi.

Maidi menambahkan dirinya sengaja memajang foto empat mantan wali kota masa yang lalu sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya pemimpin daerah yang lalu memajukan Kota Madiun.

“Masa yang lalu yang bagus yang baik ini harus dipedomani untuk perubahan-perubahan masa yang akan datang. Dan ulang tahun tentunya mengenang masa yang lalu. Masa yang lalu Walikota-Walikota yang lalu ikut mendirikan Kota Madiun ikut berjuang tentunya harus dikenang kembali dan tidak akan tinggalkan untuk kemajuan-kemajuan kedepan. Makanya fotonya kami pasang pada upacara peringatan Hari Jadi Ke-105 Kota Madiun,” demikian Maidi.

Pos terkait