Pj. Bupati Landak Tandatangani Prasasti Deklarasi ODF di Desa Anik dan Pakumbang

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan melakukan kunjungan kerja dalam rangka penandatanganan prasasti deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Desa Anik Kecamatan Menyuke, serta Desa Sompak dan Desa Pakumbang Kecamatan Sompak, Rabu (11/09/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menyampaikan bahwa program ODF ini adalah bagian dari bersih pangkal sehat.

“Jika kita masih Buang Air Besar (BAB) sembarangan, kita akan menjadi susah. Maka pencanangan atau deklarasi stop buang air besar sembarangan yang sudah dilaksanakan di Desa Anik Dingir Kecamatan Menyuke yang dilaksanakan pada 3 September dan di Desa Pakumbang sekaligus Desa Sompak Kecamatan Sompak pada 21 Agustus yang lalu merupakan bentuk komitmen kita bersama,” tutur Gutmen.

Gutmen mengapresiasi semua pihak yang telah mendeklarasikan ODF sekaligus melakukan internalisasi atau menyatu padankan bahwa jamban itu bagian dari diri kita.

“Jadi starting point-nya sudah dapat dengan melakukan deklarasi ODF ini. Kemudian tanamkan bahwa buang air sembarangan itu tidak sehat kepada masyarakat kita. Kemudian setelah tersedia fasilitas umum untuk tidak buang air besar sembarangan dengan jumlah yang sangat mumpuni tersebut kita bersama-sama memelihara, merawat, dan menjaganya,” ujar Gutmen.

Gutmen juga mengucapkan selamat kepada desa yang telah mendeklarasikan ODF dan berharap agar ini dapat menjadi momentum agar masyarakat senantiasa menjaga, merawat, dan memelihara kesehatan.

“Marilah kita pelihara semangat yang dibawa oleh sluruh pihak dengan menggunakan jamban yang telah tersedia dengan baik sehingga kehidupan kita bisa menjadi lebih sehat,” ucap Gutmen.

Tidak lupa Gutmen mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut mensukseskan Pilkada Tahun 2024 pada 22 November 2024 dengan menjaga ketentraman dan kondusifitas di lingkungannya.

Baca Juga  Pj. Bupati Landak Serahkan Bantuan Benih Ikan Lele di Desa Mandor Kiru

“Mari gunakan hak pilih kita sebagai bentuk kedaulatan kita atas pesta demokrasi. Mari kita sama-sama mensukseskan pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 dengan baik. Jaga kondusifitas, ketentraman dan keamanan di lingkungan kita,” tutup Gutmen.

Sebagai informasi dalam deklarasi ODF tersebut sebanyak 176 jamban sehat yang sudah tersedia di Desa Anik Kecamatan Menyuke yang tersebar di 14 dusun. Adapun di Desa Sompak dan Desa Pakumbang sudah 100% masyarakatnya yang memiliki jamban sehat.

Dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Landak, Forkopimcam Menyuke, Forkopimcam Sompak, Kepala Puskesmas Menyuke, Kepala Puskesmas Sompak, Kepala Desa Anik, para Kepala Desa dan Kepala Dusun se-Kecamatan Sompak, Ketua dan Anggota TP PKK Kecamatan Sompak dan Desa Pakumbang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *