Pj. Ketua TP-PKK Landak Lakukan Pembinaan TP-PKK Desa se-Kecamatan Menyuke

Pembinaan TP-PKK Desa se-Kecamatan Menyuke

Beritatrends, Landak – Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Landak Wahyuning Mulyani lakukan pembinaan TP PKK Desa se-Kecamatan Menyuke, bertempat di Aula Kantor Desa Lintah Betung, Kecamatan Menyuke, Selasa (25/06/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Landak Wahyuning Mulyani mengatakan bahwa Kader PKK adalah relawan tangguh yang bekerja tanpa pamrih demi meningkatkan mutu keluarga.

“Untuk itu mari kita bangun dari keluarga kita sendiri karena keluarga merupakan lingkup terkecil dari PKK,” ujar Wahyuning.

Lebih lanjut Wahyuning menjelaskan bahwa pada saat ini kasus stunting menjadi program pemerintah yang harus diberantas bersama dalam upaya menuju Indonesia Emas Tahun 2045 menjadi Negara maju dan mencapai Generasi Emas Tahun 2045.

“Di Kabupaten Landak untuk stunting cukup tinggi dari data hasil penghitungan metode E-PPGBM dari tahun 2021 22,4% menjadi 19.8% di tahun 2022. Dan di tahun 2023 turun menjadi 19,00% sehingga dari data ini diharapakan di tahun 2024 dapat turun menjadi 14%,” tutur Wahyuning.

Tetapi, lanjut Wahyuning, dari data yang ada ada dua desa yang sudah menunjukkan Zero Stunting yaitu Desa Angkanyar Kecamatan Kuala Behe dan Desa Sepangah Kecamatan Air Besar.

“Ini menjadi tanggungjawab kita bersama bagaimana cara kita khususnya PKK sebagai penggerak memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya pola hidup bersih dan sehat,” ucap Wahyuning.

Wahyuning juga menuturkan bahwa memang dalam kasus stunting ini PKK tidak bisa bekerja sendiri tapi bergerak bersama semua pihak satu langkah lebih cepat mulai dari tingkat RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan dan Kabupaten demi memberantas stunting di Kabupaten Landak.

“Selain itu kita juga mensosialisasikan kepada anak-anak remaja kita pentingnya memahami menikah dini dari awal karena dari pernikahan dini juga menjadi salah satu utama stunting dikarenakan si calon ibu belum siap untuk mempunyai bayi karena diakibatkan belum adanya pemahaman atau pembekalan apabila sudah berumah tangga. Ini dapat kita mulai bersosialisasi ke sekolah-sekolah, remaja gereja dan masjid,” jelas Wahyuning.

Baca Juga  Polsek Gedung Aji Gerebek Lokasi Judi Sabung Ayam di Kebun Sawit

Tidak lupa Wahyuning mengajak kepada semua yang hadir untuk memanfaatkan Kegiatan ini sebagai momentum untuk saling belajar dan berbagi ilmu satu sama lain.

“Dalam kesempatan ini mari kitamanfaatkan kegiatan ini sebagai momentum dalam berupaya untuk saling belajar, berbagi ilmu dan informasi satu sama lain, karena di PKK tidak ada yang lebih hebat tapi kita semua sama demi kemajuan masyarakat kita. ‘PKK Dari Kita, Untuk Kita’,” tutup Wahyuning.

Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan adalah panen jagung pakan ternak, penyerahan bantuan mesin giling jagung pada Desa Lintah Betung, kunjungan ke kebun kangkung PKK Desa Lintah Betung.

Turut hadir Camat Menyuke, Ketua TP PKK Kecamatan Menyuke, Kepala Desa Lintah Betung, Ketua TP PKK Lintah Betung, para pengurus TP PKK Kabupaten Landak, Pengurus PKK dan Kader Posyandu Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Menyuke.

 

Pos terkait