PJs Bupati Blitar Buka Bimtek Para Seniman, Apresiasi Bimtek Tingkatkan Kapasitas Seniman Dalam Lestarikan Seni Budaya

Beritatrends,Blitar – Pjs Bupati Blitar Dr. Ir. Jumadi, M.MT hadiri dan buka secara langsung pelaksanaan Bimtek para Seniman pada Senin (21/10/2024) yang diselenggarakan di Wisata edukasi Kampung Coklat Kabupaten Blitar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Blitar Izul Mahrom, Asisten, Staf Ahli dan Kepala OPD serta para seniman.

Pjs Bupati Blitar Dr. Ir. Jumadi, M.MT dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Blitar yang akrab dengan sebutan Land Of Kings (tanah para raja) memiliki potensi yang luar biasa, mulai potensi wisata alam, kuliner, seni budaya dan ini tersebar di seluruh desa yang ada di Kabupaten Blitar.

“Tentu ini adalah anugerah yang harus dikembangkan supaya menjadi daya tarik yang menambah pendapatan daerah, sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat,” ucap Jumadi.

Jumadi menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini yang bertujuan mengembangkan potensi seni budaya sekaligus meningkatkan kapasitas para seniman dalam melestarikan seni budaya.

“Kehadiran Bapak, Ibu para seniman pada hari ini menunjukkan kepedulian dan semangat yang tinggi untuk terus mengembangkan potensi dan kreativitas di bidang seni. Karena seni bukan hanya sekadar hobi, tetapi juga merupakan cerminan jiwa dan budaya suatu bangsa,” jelas Jumadi.

Melalui karya seni, kita dapat menyampaikan pesan, menginspirasi, dan memperkaya khazanah budaya kita.

“Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa Kabupaten Blitar ini sangat kaya akan potensi seni dan budaya. Hal ini terlihat dari banyaknya karya seni yang dihasilkan oleh para seniman kita. Namun, di era globalisasi seperti sekarang ini, kita perlu terus berinovasi dan meningkatkan kualitas karya seni kita agar dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

“Semua harus bangga dan kita semua tentunya juga bangga salah satu seni budaya kita yakni jaranan tril oleh Kemendikbud dan Ristekdikti RI ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB). Ini merupakan suatu modal besar bagi kita untuk mengangkat industri pariwisata Kabupaten Blitar dari sisi budaya,” jelas Jumadi.

Baca Juga  Pemerintah Dan Perangkat Desa Slahung Kecamatan Slahung - Ponorogo Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022

Mari kita dukung bersama seni dan budaya khususnya yang ada di Kabupaten Blitar dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana publikasi dan inovasi dengan tidak mengaburkan makna seni budaya itu sendiri. Dan melalui kegiatan ini, saya berharap para seniman dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diaplikasikan dalam karya-karya panjenengan semua.

Jumadi menambahkan bahwa Bimtek ini juga menjadi wadah bagi para seniman untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman.

Sekali lagi mari kita bersama-sama memajukan seni dan budaya di Kanbupaten Blitar sehingga dapat menjadi kebanggaan kita bersama dan tetap semangat semuanya, untuk Kabupaten Blitar yang semakin yang kaya akan seni.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *