Polres Magetan Kerahkan Ratusan Personel Amankan Mudik Lebaran 2024

Beritatrends, Magetan – Polres Magetan Jawa Timur akan menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan jalur mudik lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

“Kita libatkan gabungan TNI-Polri dan instansi terkait sebanyak 290 personel. Dari Polri sendiri sebanyak 236 personel,” kata Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana, usai Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres setempat, Rabu (03/04/2024).

Kapolres menjelaskan, sejumlah personel yang dikerahkan tersebut untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Mereka akan melakukan pengamanan mulai tanggal 4-16 April mendatang, melalui Operasi Terpusat Ketupat Semeru 2024.

Selain itu, guna mendukung kelancaran kegiatan, AKBP Satria menyebut telah menyiapkan sejumlah 7 pos, salah satunya Pos Terpadu yang berlokasi di Terminal Maospati.

“Kita siapkan Pos Terpadu dengan fasilitas masjid, toilet, cek kesehatan gratis, dan parkir. Termasuk tentunya mengamankan para pemudik dan yang akan balik menggunakan angkutan bus,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Kapolres, sebanyak 2 Pos Pelayanan juga telah didirikan di Rest Area KM 579 B dan area Cemoro Sewu. Sedangkan 4 Pos Pengamanan lainnya disiapkan di beberapa lokasi, yakni di Kecamatan Barat, Kebun Refugia Plaosan, area Telaga Sarangan, dan Alun-Alun Magetan.

“Kita optimalkan pelayanan secara preemtif, preventif dan represif,” tegasnya.

Terakhir, titik rawan laka pun diketahui juga telah dipetakan, yakni di wilayah kecamatan Plaosan atau tepatnya di KM 208-214 (area Lawu Green Forest).

Personel yang bersiaga di pos terdekat akan sewaktu-waktu dikerahkan untuk memberi respon cepat, apabila terjadi kecelakaan di wilayah tersebut.

Baca Juga  Spanduk Dilarang Berjudi dan Mengedarkan Narkoba, Warga Desa Namorih : Terimakasih Pak Polisi

Pos terkait