Potret Dusun Gemplo, Dusun Terpencil dan Hanya Terdiri 7 Rumah

Keluarga yang ada di Dusun Terpencil 

Beritatrends, Magetan – Suasana Idul Fitri masih terasa di dusun Gemplo dengan penduduk terkecil di ujung selatan wilayah Kabupaten Magetan.

Dusun Gemplo terletak di Desa Gonggang Poncol Magetan. Dusun yang hanya terdiri dari 7 rumah ini konon tidak pernah bertambah sejak lama.

Setiap ada yang ingin menambah bangunan, selalu ada saja musibah dan kendala yang akhirnya membuat calon penghuni baru mengurungkan niatnya untuk menetap di dusun tersebut dan memutuskan untuk pindah ke desa arau dusun lain .

Berada di kaki Gunung Ampyangan dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, dusun Gemplo menawarkan pemandangan alam yang sangat indah, serta kehidupan sehari-hari penduduk yang sederhana dan ramah.

Dari dusun ini kita bisa melihat 4 gunung sekaligus, yaitu Gunung Lawu, Gunung Ampyangan, Gunung Kukusan dan Gunung Lemah belah.

Namun sedikit disayangkan, serangan monyet liar membuat warga sering merugi karena puluhan hektar tanaman jagungnya rusak akibat diserang sekelompok monyet.

Pak Samsudi salah satu petani di dusun Gemplo mengatakan bahwa tanaman jagung yang ditanam di sekitar pinggiran hutan gunung Ampyangan itu banyak yang rusak dan tidak bisa dipanen lagi akibat serangan monyet yang kelaparan.

“Petani setempat sudah berupaya menghindari agar tanaman jagungnya tidak diserang oleh karena itu, para petani terpaksa bergiliran menjaga ladangnya,”pungkas Samsudi.

Baca Juga  Sertijab Dan Pisah Sambut Lembaga Pemasyarakatan Kelas ll A Rohil

Pos terkait