Puluhan Rumah Warga Sampang Di 2 Kecamatan Di Terjang Angin Puting Beliung

Salah satu rumah warga rusak berat yang di terjang angin puting beliung di Desa Paopaleh laok Kecamatan Ketapang Sampang Madura yang rata dengan tanah

Beritatrends, Sampang – Kejadian sekitar pukul 12.30 Wib hari Jum’at (4/11) angin kencang atau angin puting beliung yang disertai hujan deras terjadi di wilayah Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Berdasarkan informasi dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) setempat, bencana puting beliung itu mengakibat puluhan rumah warga semi permanent di Dusun Gunung Kesan Barat, Desa Paopale Laok, Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Banyuates Desa Lar – Lar dan Desa Tlagah mengalami rusak. Sabtu (5/11/2022)

Menurut Syamsul Arifin, TKSK Ketapang mengatakan kejadian tersebut sekitar pukul 12.30 Wib, waktu itu hujan di sertai angin kencang atau angin puting beliung memporak – porandakan rumah warga. Setelah kami data ada 35 rumah warga rusak, dengan rincian :
– Rumah rusak ringan sebanyak 20 rumah
– Rumah rusak sedang sebanyak 8 rumah
– Rumah rusak berat sebanyak 7 rumah

” Jadi total rumah warga yang terdampak akibat angin puting beliung sebanyak 35 rumah,” tuturnya kepada Beritatrends.

Syamsul Arifin menambahkan setelah ini kami selaku relawan sosial melaporkan kejadian ini kepada Kantor Kecamatan Ketapang dan Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sampang untuk memberikan bantuan tanggap darurat kepada warga terdampak akibat angin puting beliung, tutupnya.

Terpisah, Roni Salaki TKSK Banyuates menjelaskan kejadian pada hari Jum’at kemarin sekitar 13.30 Wib di 2 desa yaitu Desa Lar – Lar dan Desa Tlagah hujan di sertai angin kencang dan banyak rumah warga yang terdampak akibat angin kencang tersebut. Setelah kami data sebanyak 10 rumah warga yang rusak berat dan rusak ringan dan sedang masih dalam pendataan.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Anggota Koramil Jajaran Kodim 0808/Blitar Gencarkan Patroli Di Wilayah Masing-Masing

” Kami data proritas saja sementara yang rusak berat saja yaitu di temukan sebanyak sekitar 10 rumah sedangkan yang rusak ringan dan sedang masih dalam pendataan,” jelasnya.

Sementara dari mulai dari Jum’at malam kami beserta Forkopimcam serta warga setempat telah melakukan Bhakti sosial dan bersih – bersih rumah warga yang terdampak akibat angin kencang tersebut.

” Kami sudah melaporkan kejadian ini kepada Kantor Pemkab melalui kantor Dinsos PPPA Sampang dan segera memberikan bantuan kepada warga terdampak akibat angin puting beliung ini,” tegasnya.

Pos terkait