Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024 Kab Magetan digelar Polres Magetan

 

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Magetan tahun 2024, Polres Magetan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral pada hari ini, Kamis (15/08/2024) di Gedung Pesat Gatra Polres Magetan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja 2024 dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Magetan, Hergunadi, Komandan Kodim (Dandim), Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Magetan, serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Magetan dan kapolsek jajaran Polres magetan.

Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana, SH, SIK, MT, MIK, dalam arahannya menekankan pentingnya sinergitas lintas sektoral dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

“Sinergi antara semua pihak sangat penting dalam menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan kondusif. Ini bukan hanya tugas Polri, tetapi juga tanggung jawab bersama seluruh elemen di Kabupaten Magetan,” tegasnya.

Kapolres juga mengingatkan kembali mengenai netralitas yang harus dijaga oleh seluruh personel TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) selama proses Pilkada berlangsung.

“Netralitas adalah kunci utama dalam menjaga kepercayaan publik terhadap proses demokrasi ini. Saya tekankan kepada seluruh anggota TNI, Polri, dan ASN untuk tetap netral dan tidak berpihak pada salah satu calon sesuai aturan UU yang berlaku,” ujar AKBP Satria.

Lebih lanjut, Kapolres Magetan juga menegaskan bahwa penegakan hukum selama Pilkada harus dilakukan secara profesional dan proporsional.

“Laksanakan penegakan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku profesional dan proporsional, tanpa pandang bulu dan tanpa intervensi dari pihak manapun untuk mewujudkan Pilkada Kabupaten magetan yang kondusif,” imbuhnya.

Rakor ini, menurut AKBP Satria, merupakan langkah penting dalam mematangkan kesiapan Operasi Mantap Praja 2024 di wilayah Magetan.

Baca Juga  Rombongan Wabup Tiba di Kayuadi dijemput Camat Andi Caco Amras

“Melalui Rakor ini, kita bisa menyatukan visi dan misi, serta mengidentifikasi potensi kerawanan yang mungkin muncul selama Pilkada, sehingga kita bisa mempersiapkan langkah-langkah antisipasi yang tepat,” jelasnya.

Sebagai penutup, Kapolres Magetan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Magetan untuk bersama-sama menjaga keamanan, menghindari provokasi, dan melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan indikasi pelanggaran selama proses Pilkada,” tutup AKBP Satria.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *