Ratusan Siswa Menari Bersama Bupati Dalam DAKAPO Festival

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menari bersama ratusan pelajar dalam gelaran Dakapo Festival.

Beritatrends, Ponorogo – Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berbagi keceriaan dengan menari bersama ratusan pelajar dalam gelaran Dakapo Festival 2022 di SMPN 2 Kauman, Senin (13/6/2022). Tarian itu diiringi suara gamelan reog yang rancak. Dakapo yang merupakan akronim dari SMPN 2 Kauman Ponorogo memiliki kelas unggulan seni.

Kang Bupati, sapaan Bupati Sugiri Sancoko, sengaja datang ke SMPN 2 Kauman dengan berbusana penadon khas Ponorogo. Sebab, grup reog Singo Sumowicitro milik sekolah yang menjuarai Festival Reog Mini (FRM) 2021 bakal unjuk kebolehan.

Kang Bupati yang datang bersama Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Nurhadi Hanuri dan Kadisbudparpora Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi juga sempat berkeliling mendatangi deret stand expo.

Para peserta dengan antusias mengikuti flash mob tari bersama Kang Bupati Sugiri Sancoko di SMPN 2 Kauman.

Kang Bupati mengapresiasi adanya kelas unggulan seni di SMPN 2 Kauman. Generasi muda tidak hanya harus berpendidikan tinggi, melainkan juga peduli dengan kesenian khas daerah warisan leluhur. Dengan begitu, Ponorogo bakal lebih maju dan hebat di tangan generasi penerus.

”Kita harus nguri-nguri budaya agar kesenian reog mendunia,” katanya.

Sempat mendapat penghargaan sebagai Bapak Peduli Pendidikan dan Seni dari SMPN 2 Kauman, Kang Bupati memilih merendah. Penghargaan itu lebih pantas diberikan kepada para guru.

”Karena setiap hari mendidik anak-anak dan mengajarkan seni di sekolah ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Kauman Mulyono menjelaskan bahwa sekolahnya memiliki kelas unggulan seni. Mulai kelas 7, 8, dan 9 sehingga siswa dapat mengalirkan minat dan bakat mereka pada kesenian. SMPN 2 Kauman bekerja sama dengan Sekolah SMKI dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Baca Juga  Jelang Natal dan Tahun Baru, Bupati Karo Pantau Ketersediaan bahan Pokok di Pusat Pasar Kabanjahe

”Tahun ini kami sudah meluluskan kelas unggulan seni,” jelasnya.

Pos terkait