Robo – Robo di Karangan Meriah Dihadiri Forkopimca Mempawah Hulu

Hemdi, ketua Panitia Robo-robo Karangan 2023

Beritatrends, Landak Kalbar – Acara tahunan, yang di laksanakan di kawasan Rumah Adat Melayu Karangan. Ini, Robo-robo, yang merupakan acara Tolak bala merupakan agenda kebudayaan yang sudah di laksanakan turun temurun dan tetap dilestarikan.

Menurut panitia Anuar Sadad mengatakan acaranya sebenarnya masih tetap dilaksanakan, hanya ada beberapa acara tambahan, di rangkai dengan lomba-lomba permainan rakyat, bahkan ada lomba menganyam Ketupat.

“Inikan menyesuaikan dengan kemajuan zaman, kesakralannya tetap ikut zaman, hanya pernak-pernik modernisasi,”kata Anuar.

Terkait adanya beberapa kegiatan yang terkesan berpencar di beberapa titik, seperti di Seleterpadu, Suka Maju, dan beberapa titik, ini bukan berarti kita tidak satu persepsi.

“Ini adalah suatu kegiatan masyarakat yang spontanitas, di laksanakan lebih awal,”terangnya.

Ditambahkan salah seorang Ibu, yang berdomisili di Suka Maju mengatakan, ini untuk mengantisipasi keterlambatan acara ritual sebelum makan, pada acara Robo- Robo sebelumnya.

“Namun kami tetap saja loyalitas dengan panitia inti,”katanya.

Anuar sadad, saat memberikan arahan kepada peserta lomba Anyam ketupat 

Menanggapi hal itu, Hendi selaku ketua Panitia Robo-robo tahun 2023 mengatakan, bahwa untuk hari ini kita memang acara Ritual pagi, hanya saja masih kurang tersosialisasikan sampai ke lini masyarakat

Harapan saya, bagi panitia serta perangkat dusun, agar kedepannya mensosialisasikan acara Robo- Robo, harus dipusatkan di kawasan Rumah adat Melayu Karangan,
dan kami yakin apa yang dikhawatirkan tentang jadwal molor, tidak terjadi, hari ini buktinya, tepat waktu.

“Dan yang hari ini sudah baik, agar lebih baik lagi,”kata Hemdi,

Dan tambahan lain, malam ini silahkan hadiri bersama-sama saksikan kegiatan Rakyat, dan pentas Hiburan, yang dihibur oleh Ayu Sonata, artis Jebolan Artis KDI, dari kota Pinyuh, Kabupaten Mempawah, selamat menonton,”tutup Hemdi.

Baca Juga  dr. Rachmat Santoso Resmi Nahkodai RSUD Sayidiman

Pos terkait