Safari Ramadhan IKA SMEA Negeri 17-SMKN , Berakhir Special di Desa Laiyolo Baru

IKA SMEA Negeri 17-SMKN, Berakhir Special di Desa Laiyolo Baru

Beritatrends, Selayar – Rangkaian perjalanan silaturrahim yang dikemas dalam bingkai safari Ramadhan mengisi kunjungan rombongan Ikatan Alumni SMEA Negeri 17 dan SMKN 1 Benteng di Desa Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, hari, Senin, (25/4).

Seperti rangkaian kunjungan malam-malam sebelumnya, giat safari Ramadhan diawali dengan acara buka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah di Masjid Nurul Jihad Laiyolo Baru.

Acara buka puasa bersama dan santap malam dipusatkan di rumah kediaman, Asmawati yang tercatat sebagai salah satu Alumni SMEA Negeri 17.

Usai bersantap malam, rombongan kembali ke Masjid untuk menunaikan shalat Isya dan shalat tarawih berjamaah dengan warga serta jamaah Masjid Nurul Jihad Laiyolo Baru.

Rombongan safari ramadhan yang terdiri dari lima belas orang alumni SMEA dan SMK, dipimpin langsung ketua Ikatan Alumni SMEA Negeri 17 dan SMKN 1 Benteng, AKP. Surahman, SH, dan Sekretaris IKA, Irwan Hakim.

Berbeda dengan safari Ramadhan sebelumnya, kunjungan terakhir, Alumni lintas angkatan SMEA Negeri 17, dan SMKN 1 Benteng di Desa Laiyolo Baru, berasa istimewa, dengan hadir langsungnya, mantan komisioner KPU Selayar, Hasiruddin Yudisthira, di tengah-tengah jamaah dan rombongan tim safari Ramadhan.

Sebuah moment special yang mempertemukan dua orang sosok penyelenggara pemilu era mantan bupati, Drs. H. Syahrir Wahab, MM dan Bupati, H. Muh. Basli Ali.

Ceramah tarwih sebagai inti kegiatan safari Ramadhan, diisi Nandar Jamaluddin, alumni pertama, SMKN 1 Benteng angkatan 1994.

Mengawali ceramahnya, Nandar menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan pelayanan warga serta jamaah Masjid Nurul Jihad Desa Laiyolo Baru atas kunjungan IKA Alumni SMEA Negeri 17 dan SMKN 1 Benteng.

Dikatakannya, kegiatan safari Ramadhan ketiga yang digelar bertepatan dengan hari ke dua puluh lima di bulan suci Ramadhan menjadi kegiatan terakhir untuk safari ramadhan IKA Alumni SMEA dan SMKN 1 Benteng.

Dia berharap agar silaturahmi yang terjalin antara Alumni SMEA dan SMK yang dikemas melalui rangkaian safari ramadhan dapat tetap terpelihara dengan baik.

Memasuki inti ceramahnya ia menandaskan, bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan keutamaan.

Bahkan seandainya penghuni kubur diberikan pilihan, maka niscaya mereka akan meminta kesempatan sehari saja untuk menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.

Oleh karenanya, ummat Islam diminta untuk berlomba-lomba meraih keberkahan dan keutamaan ibadah puasa di sisa-sisa hari terakhir bulan suci ramadhan mulai dari malam kedua puluh lima dengan memperbanyak rangkaian ibadah dan Amaliyah Ramadhan.

Generasi taqwa dan muttaqin diyakini akan lahir setelah melewati tiga kali rangkaian tarbiyah ramadhan di tahun 2023 dan 2024 mendatang.

Momentum tarbiyah ramadhan diharapkan akan membentuk pribadi muslim yang mampu menahan amarah dan memafkan kesalahan saudaranya, sebelum ia meminta maaf.

Sebab Agama Islam menganjurkan ummatnya untuk menjadi pribadi pemaaf, dan bukan meminta maaf, ujar Nandar Jamaluddin mengakhiri ceramahnya.

Penyerahan paket bantuan Al Qur’an dari Kasat Intel, Mako Polres Selayar, AKP. Surahman, SH dalam kapasitasnya, sebagai Ketua IKA Lintas Alumni, kepada pengurus Masjid Nurul Jihad yang dilanjutkan dengan kunjungan silaturahmi ke rumah kediaman mantan Komisioner KPU, Hasiruddin Yudisthira, menutup segala rangkaian kegiatan safari ramadhan putaran terakhir IKA SMEA Negeri 17 dan SMKN 1 Benteng, di Desa Laiyolo Baru

Pos terkait