Satgas TMMD Ke-118 Kodim 0804/Magetan Beri Penyuluhan Bela Negara

Berikan Penyuluhan Bela Negara Kepada Masyarakat Oleh Satgas TMMD Ke-118 Kodim 0804/Magetan

Beritatrends, Magetan – Satuan tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118 Tahun 2023 memberikan penyuluhan materi tentang Bela Negara yang merupakan materi dari salah satu kegiatan sasaran Non Fisik dalam rangka kegiatan Program TMMD Ke-118 Kodim 0804/Magetan Tahun 2023 oleh Sujarno dari Kesbangpol Magetan kepada kepada sejumlah tokoh masyarakat, aparat desa dan warga Masyarakat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Balai Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, Minggu malam (24/09/2023).

Sujarno menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan bela negara ini adalah rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan TMMD Ke-118 Kodim 0804/Magetan Tahun 2023.

“Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan yaitu Materi Bela Negara dalam pembahasan yang disampaikan mencakup diantaranya makna Bela Negara adalah kesadaran dan tindakan warga negara yang diterapkan karena cinta mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk memastikan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara,” terangnya.

Dalam kegiatan TMMD ini bukan saja bidang fisik yang diutamakan namun juga bidang non fisik kita sisipkan sebagai upaya penanaman jiwa nasionalisme dan membentuk masyarakat yang tangguh, khususnya diwilayah Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol.

“Seluruh elemen masyarakat memiliki kewajiban dalam bela negara, arti bela negara disini bukan harus angkat senjata menghadapi musuh yang nyata, tetapi bela negara disini adalah menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara dalam tanggung jawabnya sebagai masyarakat yang cinta aturan,”jelasnya.

Lebih lanjut Sujarno mengungkapkan, adapun tujuan dan fungsi Bela Negara adalah untuk mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara.

“Melestarikan budaya menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, berbuat yang terbaik bagi Bangsa dan Negara, menjaga identitas dan integritas Bangsa/Negara,”pungkasnya.

Baca Juga  Pemasangan Patok Batas Antisipasi Cekcok dan Caplok

Pos terkait