Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan di Magetan Diberi Vaksin Gratis

Kepala Disnakkan Magetan saat menyuntikkan vaksin rabies pada kucing

Beritatrends, Magetan – Memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September mendatang, ratusan hewan di Kabupaten Magetan mendapat vaksin gratis rabies. Ini difasilitasi Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Magetan, di laboratorium dan klinik hewan dinas setempat, Senin (25/09/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Disnakkan Magetan, Budi Nur Rochman menyebut, sebanyak 300 kucing dan anjing telah terdaftar untuk vaksinasi massal.

“Vaksinasi juga dilakukan di Desa Purwodadi dan Lanud Iswahyudi. Kami juga membuka jasa konsultasi dan medical check up, juga foto booth hewan untuk mendapatkan sertifikat,” jelasnya.

Sementara menurut Kepala Disnakkan Magetan, Nur Haryani, vaksinasi ini dilakukan guna memberi kesadaran pada masyarakat kaitannya upaya pengendalian rabies. Ini penting karena rabies bersifat zoonosis atau penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia.

“Sehingga dengan adanya kesadaran masyarakat, rabies bisa dikendalikan, dan sesuai harapan nasional dimana pada tahun 2023 bebas rabies,” terangnya.

Nur Haryani mengatakan, hingga kini belum ditemui kasus positif rabies di Magetan. Namun, berbagai upaya pengendalian juga terus dilakukan, seperti pengawasan lalu lintas hewan penular serta kerjasama lintas sektoral.

“Kalau jumlah vaksin kita sangat terbatas, dari bantuan provinsi juga sangat terbatas. Itu yang mungkin akan kita usulkan di Pemkab agar bisa mendampingi untuk support vaksin,” ujarnya.

Untuk diketahui kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, 25-27 September 2023 dengan mengusung tema “All For 1 One Health For All (Semua Untuk Satu, Satu Kesehatan Untuk Semua)”

Pos terkait