Serahkan Bantuan Alsintan ke Kelompok Tani

Pj. Bupati Landak : Manfaatkan dengan Optimal

Beritatrends, Landak – Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan serahkan secara simbolis alat dan mesin pertanian berupa pompa air untuk mendukung percepatan areal tanam padi, bertempat di Aula Dinas PPKP Landak, Jumat (20/09/2024).

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Landak Gutmen Nainggolan menyampaikan penyerahan bantuan alsintan ini bertujuan untuk memudahkan petani mendapatkan pasokan air terutama di masa kemarau seperti lahan sawah tadah hujan serta sebagai akselerasi untuk mendukung program Perluasan Areal Tanam (PAT) yang dicanangkan dalam rangka antisipasi darurat pangan di Kabupaten Landak

“Dengan adanya pompa air ini diharapkan produktivitas panen dapat meningkat secara signifikan. Sehingga dapat mendorong sektor pertanian agar semakin maju, mandiri dan modern,” ujar Gutmen.

Lebih lanjut Gutmen menjelaskan bantuan Alsintan berupa Pompa Air yang akan diserahkan merupakan bantuan langsung dari Direktorat Alsintan Kementrian Pertanian Indonesia tahun 2024, untuk kelompok tani yang sudah terdaftar sebagai Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL).

“CPCL ditetapkan melalui verifikasi oleh Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak. Total jumlah pompa air yang akan disalurkan sebanyak 289 unit, dan akan diserahkan secara simbolis pada hari ini sebanyak 89 unit, masing-masing kelompok mendapat satu unit pompa air,” terang Gutmen.

Pj. Bupati Landak itu juga mengatakan bahwa bantuan pompa air ini sangat bermanfaat sebagai respons terhadap kondisi kemarau panjang yang sedang dialami Indonesia akibat fenomena El Nino dengan menggunakan pompa air maka diharapkan lahan-lahan pertanian tetap terairi meski di tengah musim kemarau, sehingga mempercepat proses tanam.

“Dulu penanaman padi dilakukan setahun sekali. Namun setelah ada teknologi pertanian modern penanaman padi bisa dilakukan 2-3 kali setahun karena kegiatan pengolahan dan panen dapat dilakukan lebih cepat, sehingga Indeks Pertanaman (IP) juga meningkat,” pungkas Gutmen.

Baca Juga  Wali Kota Maidi Minta Pelaksanaan Tradisi Suruoan di Kota Madiun Harus Aman

Gutmen berpesan kepada kelompok tani penerima bantuan alsintan agar selalu menjaga dan merawat alsintan yang telah dibagikan serta dimanfaatkan dengan optimal.

“Bantuan pompa air yang diserahkan ini akan menjadi milik kelompok tani dan harus digunakan bersama-sama secara bergantian antar anggota kelompok dan bukan menjadi milik pribadi. Manfaatkan alsintan dengan optimal untuk meningkatkan hasil pertanian dan bantuan jangan sampai dijual. Saya harap kepada semua kelompok tani agar terus menanam padi,” pesan Gutmen.

Tidak lupa Gutmen berpesan kepada para semua pihak untuk senantiasa menjaga kondusifitas selama Pilkada Tahun 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan November mendatang.

“Mari kita gunakan hak pilih kita pada perhelatan pesta demokrasi Pilkada Tahun 2024 pada bulan November mendatang serta selalu menjaga keamanan, ketentraman dan kondusifitas mulai dari sebelum, selama dan sesudah Pilkada tersebut berlangsung,” tutup Gutmen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *