Serasa Masuk Mesin Waktu Lewat ‘Janggan Tempo Doeloe’

Janggan Tempo Doeloe’

Beritatrends, Magetan – Bak masuk ke mesin waktu, suasana jadul (jaman dulu) tampak terasa ketika berada di ‘Janggan Tempo Doeloe’.

Saat masuk ke kawasan Desa Janggan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, pengunjung akan disambut dengan suasana tempo dulu.

Bagaimana tidak? Event ‘Janggan Tempo Dulu’ yang digelar mulai tanggal 20-22 Juli 2023, dikemas klasik dengan menyajikan berbagai macam kegiatan yang kental akan budaya masa lalu.

Bazar kuliner tradisional tampak berjajar di bawah stand bambu, layar tancap, pameran barang antik, hingga dolanan tempo doeloe pun telah dihadirkan sedemikian rupa.

“Kita mengenang tempo dulu bukan berarti kembali ke masa lalu, melainkan tetap menuju ke masa depan yang gemilang. ‘Janggan Tempo Doeloe’ bertujuan untuk mengangkat UMKM dan mengenalkan ke anak-anak tentang budaya,” jelas Kepala Desa Janggan, Hariadi, Kamis (20/07/2023).

Tak cukup sampai disitu, pertunjukan seni budaya ‘Ketoprak Mardi Budoyo Reborn’ juga disuguhkan disana. Bahkan, Bupati Magetan Suprawoto turut andil tampil dalam satu adegan.

Bupati mengamini, jika event ini digelar untuk kembali mengingatkan bahwa masyarakat punya akar budaya semacam ini di masa lampau.

“Jangan sampai kita tercabut dari akar budaya. ‘Janggan Tempo Doeloe penting untuk transformasi nilai kepada anak-anak, agar tidak hanya melihat di media sosial tetapi juga lihat realitas sosial yang ada,” ujar Bupati.

Baca Juga  Bupati Blitar Lantik 5 Kades PAW, Bupati Blitar Pesan Pemerintahan Desa Yang Taat Pada Hukum

Pos terkait