Siap Amankan Nataru, Polres Magetan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021

Siap Amankan Nataru, Polres Magetan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021

Apel gelar pasukan dalam rangka operasi lilin Semeru 2021 digelar di Alon-alon Magetan.

Beritatrends, Magetan – Polres Magetan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di Alon-alon Magetan, Kamis (23/12). Apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pasukan dalam rangka pengamanan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 dihadiri oleh Bupati Magetan Suprawoto, Kapolres Magetan AKBP Yakhob Sivalna Delareskha, Letkol Inf Ismulyono Triwidodo, S.I.P Komandan Kodim 0804/Magetan, Ely Rahmawati, SH, MM, MH Kepala Kejaksaan Negeri Kab. Magetan, dari Pengadilan Negeri Magetan, Pengadilan Agama Magetan, Perwakilan POM AU lanud Iswahjudi, Satpol PP, Dishub Magetan dan Dinkes.

Bupati Suprawoto mengungkapkan, apel gelar pasukan operasi lilin semeru ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, tidak hanya di Magetan. Ia mengaku hanya menyampaikan amanat dari Kapolri bagaimana kita harus menyiapkan diri untuk melayani masyarakat ketika menghadapi Nataru nanti.

“Agar masyarakat bisa tenang saat menjalankan ibadah natal dan pergantian tahun nanti,” terangnya.

Ia menjelaskan, Aparat nanti akan memfasilitasi masyarakat terutama untuk menjaga protokol kesehatannya.

“Nanti pada nataru keramaian di Magetan pasti akan meningkat, sebab itu perlu antisipasi dari pihak Polisi dan TNI,” jelasnya.

TNI-Polri akan bertugas mengecek lapangan seperti tempat wisata, hotel dan tempat-tempat lainya. Juga akan ada sempling tes untuk antigen.

“Seperti yang ditekankan oleh bapak Kapolri, untuk tetap waspada. sebab itu kami mengumpulkan apel gelar pasukan termasuk elemen masyarakat, mulai dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, TNI dan Polri,” ulasnya.

Yang pertama kerumunan Harus dihindari, protokol kesehatan diantaranya kerumunan kapasitas juga kita kurangi, yang biasanya 100% menjadi 75%,

“Walaupun PPKM level 1 di Magetan, Kami menghimbau masyarakat sebaiknya merayakan di rumah saja, toh juga tidak mengurangi substansi terhadap perayaan Nataru,” tutup Suprawoto.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan pita tanda operasi Lilin Semeru tahun 2021 oleh perwakilan dari POM AD, Polantas polres Magetan dan Dishub.

Sementara, Kapolres Magetan Kapolres Magetan AKBP Yakhob Sivalna Delareskha menyampaikan, petugas akan melakukan tindakan preemtif dan preventif selama melaksanakan Operasi Lilin 2021.

“Kita telah dirikan ada 8 titik Pospam, yang ada di rest area tol kita juga punya 2 pospam disitu, lainya ada di Cemarosewu, Sarangan, dan Alun-alun. Karena pada pelaksanaannya nanti diisi ada beberapa stalkholder termasuk TNI Polri dan Pemda,” terangnya.

kapolres juga menyebutkan, Total personil yang akan diturunkan pada operasi lilin semeru adalah 600 personel.

“Kita tidak akan melakukan penyekatan dan meminta kendaraan putar balik.

“Yang kita ketatkan di tempat wisata karena kita level 1 harus 75% seperti yang dikatakan pak Bupati tadi,” jelasnya.

Ditempat yang sama Letkol Inf Ismulyono Triwidodo, S.I.P Komandan Kodim 0804/Magetan menambahkan, sesuai perintah dari panglima TNI dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru, pihaknya akan mendukung pengamanan yang dilaksanakan TNI polri kemudian 3 pilar lainya.

“Ini dalam rangka menjamin pelaksanaan masyarakat yang beragama Nasrani untuk melaksanakan Natal tanggal 25 tahun 2021 kemudian melaksanakan pengamanan juga tahun baru tahun 2022 dimana ada penekanan dari Pimpinan panglima TNI,” ucapnya.

Lebih lanjut, yang sekarang kita siapkan adalah bagaimana cara kita mensosialisasikan perintah ini ke jajaran, supaya antisipasi nataru di Magetan bisa berjalan dengan baik.

“Tentang antisipasi karena yang di Jakarta sudah terpapar Omicron jangan sampai masuk ke kabupaten Magetan juga,” tutupnya.

Pos terkait