Sosialisasi Perundang- Undangan DBHCHT 2023 Digelar Satpol PP Kab Blitar Di Kecamatan Sanankulon

Sosialisasi Perundang- Undangan DBHCHT 2023

Beritatrends, Blitar – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Blitar menggelar Sosialisasi Ketentuan Peraturan Perundang-undangan Bidang Cukai Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023, bertempat di Pendopo Kecamatan Sanankulon, Selasa (20/6/2023).

Sosialisasi perundang-undangan bea cukai inipun dihadiri perwakilan masyarakat dan pedagang dari kecamatan Sanakulon. Puluhan pedagang makanan dan minuman serta mainan juga turut hadir dalam acara tersebut.

Kepala Bidang ( Kabid ) Penegakan Perundang-undangan Satpol PP Repelita Nugroho mengatakan, pada hari Satpol PP Kabupaten Blitar mengelar kegiatan sosialisasi ketentuan peraturan perundang- undangan Bidang Cukai DBHCHT 2023. Hal ini untuk menekan peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa pita cukai yang masih ditemukan ditengah masyarakat

Dengan gencarnya sosialisasi ini, kami berharap supaya masyarakat memahami terkait peredaran rokok ilegal dan bisa membedakan rokok yang bercukai dan yang tidak bercukai. Selain membahayakan kesehatan bagi penikmatnya, rokok ilegal juga merugikan negara sebab tidak dilekati pita cukai resmi dari pemerintaĥ

“Kami harapkan masyarakat nanti melalui sosialisasi ini mengetahui tentang aturan-aturan terkait masalah cukai jangan sampai masyarakat terjerat permasalahan hukum,”ungkapnya

Menurut Nugroho, sosialisasi ini juga memberikan penjelasan dan edukasi kepada masyarakat agar bisa diterima. Dimana kegiatan sosialisasi menghadirkan perwakilan masyarakat dan pedagang rokok agar tidak memperdagangkan rokok ilegal atau rokok tanpa pita cukai.

“Sehingga masyarakat khususnya di Kabupaten Blitar mengerti dan paham ciri-ciri rokok tanpa pita cukai atau ilegal dengan rokok yang ada pita cukai,” tuturnya.

Nugroho menekankan, perlunya ada sinergi antara pemangku kepentingan baik dari Bea Cukai, Satpol PP termasuk dengan masyarakat sendiri, sehingga diharapkan siapapun yang berjualan atau pedagang rokok khususnya dalam hal ini yang menjual rokok supaya tetap menjual rokok dengan pita cukai atau legal.

Baca Juga  Bupati Rohil Buka Sosialisasi Penyusunan Profil Kecamatan

Terakhir, Nugroho menghimbau kepada masyarakat jangan menjual rokok ilegal, secara pasti dapat dipastikan akan melanggar hukum. Dan yang dikhawatirkan lagi bukan itu saja karena sanksinya bukan hanya denda tapi juga pidana penjara.

“Pentingnya sosialisasi ini kepada masyarakat agar paham untuk tidak menjual rokok tanpa pita cukai atau ilegal, dan hanya menjual rokok dengan pita cukai dan rokok yang sah-sah saja,” pungkasnya.

Pos terkait