Sugiri Sancoko Unggul Dalam Survei Elektabilitas Bupati Ponorogo 2024

Beritatrends, Ponorogo – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Jawa Timur baru-baru ini merilis hasil survei terkait elektabilitas para tokoh yang berpotensi mencalonkan diri sebagai calon Bupati Ponorogo dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024. Survei yang dilakukan pada 23-29 April 2024 ini melibatkan 1.200 responden dari berbagai desa dan kelurahan di Kabupaten Ponorogo.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Bupati Incumbent Sugiri Sancoko menempati posisi teratas dengan perolehan 56,2 persen. Posisi kedua diduduki oleh Supriyanto, Ketua DPC Gerindra, dengan perolehan 13,6 persen, diikuti oleh Ibnu Multazam, Ketua DPC PKB, pada posisi ketiga dengan perolehan 11,9 persen. Ipong Muchlissoni, Ketua DPD Nasdem, berada pada urutan keempat dengan 10,1 persen, dan Lisdyarita, wakil bupati Ponorogo, memperoleh 4,7 persen. Sementara itu, responden yang tidak tahu atau tidak menjawab berjumlah 3,5 persen.

“Survei ini memberikan gambaran bahwa mayoritas responden lebih memilih nama-nama yang telah dikenal dan memiliki pengalaman dalam kepemimpinan,” kata Baihaki Sirajt, Direktur Arci Jatim, ketika merilis hasil survei tersebut.

Dari segi pendidikan, mayoritas responden adalah lulusan SMA sederajat (38,2 persen), diikuti oleh lulusan SMP sederajat (24,9 persen) dan lulusan SD (22,6 persen). Sedangkan dari sisi penghasilan, responden terbanyak adalah yang memiliki pendapatan bulanan antara 1-2 juta rupiah (36,4 persen).

Hasil survei juga mencakup persepsi terhadap kinerja pemerintahan Sugiri Sancoko dan Lisdyarita. Mayoritas responden menganggap realisasi janji politik pemerintahannya cukup sesuai (44,2 persen) dan puas terhadap pelayanan publik yang dilakukan (51,1 persen).

Namun demikian, Baihaki menekankan bahwa tingginya elektabilitas Sugiri Sancoko tidak serta merta mengesampingkan potensi calon lain.

“Jika calon lain bisa melakukan strategi yang efektif, mereka tetap memiliki peluang untuk mengejar dan bahkan mengungguli incumbent,” ungkapnya.

Baca Juga  Tok! KPU Magetan Resmi Tetapkan 45 Anggota DPRD Terpilih Pemilu 2024, Berikut Daftar Namanya

Meskipun survei ini memberikan gambaran awal, dinamika politik dapat berubah seiring dengan perkembangan kampanye dan strategi yang dilakukan oleh masing-masing calon. Pilkada Ponorogo 2024 diprediksi akan menjadi panggung persaingan yang menarik antara berbagai kekuatan politik dan figur publik di daerah tersebut.

Pos terkait