Sumatera Utara Akan Jadi Tuan Rumah PON 2024

Kadispora, Baharudin Siagian saat berada di Hotel Madani Medan

Beritatrends, Medan – Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah dalam (Pekan Olah Raga Nasional) PON 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan september 2024 mendatang. Sejumlah fasilitas pendukung pun sudah mulai dipersiapkan diantaranya fasilitas stadionyang penontony bisa mencapai 26.000 penonton.

Hal tersebut dikatakan Kedispora Pemprovsu, Bahar Siagian dalam keterangan Persnya di hotel Madani Medan pada, Jumat 22 Desember2023, 10.24 Wib.

Lebih lanjut, Kadispora menjelaskan bahwa pihaknya sedang mempersiapkan PON tersebut.

“Pekan Olahraga Nasional 2024 adalah penyelenggaraan ke-21 dari Pekan Olahraga Nasional yang merupakan ajang multi-olahraga nasional utama yang dijadwalkan berlangsung dari 8 hingga 20 September 2024 dengan Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah. Kami dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sedang mempersiapkan acara PON 2024 yang dimana akan dilaksanakan pada bulan september2024 mendatang. dimana nantinya PON tersebut akan di buka di Aceh dan penutupannya di Sumatera Utara,” ujar Bahar

Masi Kata Kadispora, tujuh puluh satu tahun (71) yang lalu Sumatera Utara pernah menjadi tuan rumah PON, dan pada tahun 2024 ini sumut kembali menjadi tuan rumah yang artinya Provinsi Sumatera Utara menunggu 71 tahun untuk bisa kembali menjadi tuan rumah.

“Ada 34 Cabang olah raga nantinya yang adakan dipertandingkan di acara PON 2024 tersebut dan 33 diantaranya akan ditandingkan di Aceh, dan saat saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara juga sudah mempersiapkan dan membangun stadion utama dengan anggaran dari PUPR dengan kapasitar 26.000 penonton,semoga dengan adanya Pon ini kita bisa menghasilkan atlet atlet yang berkualitas, Pak Gubernur menegaskan bahwa kita memang harus mengandalkan atlet dari dalam provinsi sendiri,” Pungkasnya

Ketika disinggung terkait dengan pengamanan dalam kegiatan Pon tersebut Kadispora mengaku sudah berkerjama sama dengan sejumlah pihak untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan terkait kesiapan akomodasi, transportasi dan konsumsi di setiap arena, pihaknya akan melakukan pengawasan guna mengantisipasi kesalahan. Karenanya, disampaikan kepada seluruh OPD terkait, untuk mempersiapkannya H-5 dan H+5 pelaksanaan PON, seperti persiapan pengusaha hotel.

“Untuk lokasi pelaksanaan pertandingan, di awal penentuannya ada enam kabupaten/kota yaitu Kota Medan, Binjai, Deliserdang, Serdangbedagai, Simalungun dan Tebingtinggi. Tetapi nanti kita akan memanggil kembali mereka untuk kesiapannya, dan masih dinamis. Seperti beberapa kabupaten yang mengajukan permintaan tempat pelaksanaan pertandingan,” pungkasnya sambil berjalan meninggalkan Hotel madani Medan.

Pos terkait