Tahapan Pemilu 2024 KPU Selayar Anut Prinsip Efisiensi Anggaran

Terus Gulirkan Tahapan Pemilu 2024
KPU Selayar Anut Prinsip Efisiensi Anggaran

Beritatrends, Selayar – Tahapan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 terus bergulir di lingkaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Selayar Sulawesi Selatan.

Proses recruitment dan seleksi dua ratus enam puluh empat orang panitia pemungutan suara (PPS) telah diclearkan KPU Selayar hingga pelantikan dan tahapan bimbingan tekhnis yang dilaksanakan selama dua hari di gedung serbaguna Rayhan Square Jln. Jend. Achmad Yani, Benteng.

Koordinator divisi tekhnis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selayar, Andi Dewantara, SH mengutarakan, saat ini, tahapan pemilu telah sampai pada tataran recruitment petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) yang dijadwalkan akan berlangsung mulai dari tanggal 26-31 Januari 2023.

Hal ini didasarkan pada Surat
Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022 Tentang Perubahan Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 Tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Walikota.

Pengumuman hasil seleksi petugas pemutakhiran data pemilih akan disampaikan KPU pada tanggal 28 Februari 2023 mendatang.

Andi Dewantara menegaskan sepanjang pelaksanaan tahapan, KPU akan senantiasa mengedepankan prinsip penghematan penggunaan keuangan negara dan efisiensi anggaran. Tahapan ini juga beririsan dengan tahapan verifikasi administrasi dukungan calon anggota DPD RI.

Penerapan prinsip efisiensi anggaran dalam penyelenggaraan pemilu telah menjadi amanah UU No. 7 Tahun 2017 ttg Pemilihan Umum. Oleh karenanya, KPU akan tetap mengupayakan penggunaan fasilitas dan sarana prasarana non budgetin sebagai bentuk aplikasi efektifitas dan efisiensi anggaran, pungkasnya kepada wartawan, Jum’at, (27/1) dini hari.

Pos terkait