Tahun 2024 Pemkab Magetan Berhasil Raih Penghargaan WTN, Ini Penjelasan Dinas Perhubungan

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Negara (WTN) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, yang bertepatan di Hari Perhubungan Nasional ke-53 Tahun 2024..

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia terhadap Provinsi, Kabupaten / Kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Penghargaan WTN 2024 ini telah diterima Pj. Bupati Magetan, Nizhamul yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di Ballroom JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Sabtu (7/09/2024) kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan Magetan, Drs. Welly Kristanto, M.Si melalui Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Edi Sumarsam, ST. MM menjelaskan bahwa untuk memperoleh penghargaan Wahana Tata Negara (WTN) Tahun 2024 itu hasil dari kerjasama elemen masyarakat dan opd terkait. Rabu (11/09/2024)

“Tentunya penghargaan WTN ini bukan hasil kerja dari Pemkab Magetan atau Dishub Kabupaten Magetan saja, melainkan wujud hasil dukungan dari seluruh elemen masyarakat Magetan didalam pengelolaan transportasi di Magetan, Jawa Timu,” jelas Edi saat ditemui dikantornya, Rabu (11/09/2024)

Edi menjelaskan tujuan sebelum mendapatkan penghargaan WTN Tahun 2024 yakni untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan, keselamatan, serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan, dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan.

“Intinya itu menciptakan situasi atau kondisi lalu lintas yang aman, lancar, dan terkendali. Dan untuk mengurangi angka kecelakaan maupun pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Magetan,” tutur Edi.

Sebelum menerima Penghargaan WTN Tahun 2024, Edi menuturkan ada beberapa langkah yang telah dilalui Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan.

“Pertama Dinas Perhubungan sudah mencoba pengoptimalan dengan pemberdayaan angkutan umum dengan memanfaatkan jasa mereka sebagai angkutan pelajar gratis, dan itu menjadi salah satu upaya menekan penurunan terjadinya angka kecelakaan di Kabupaten Magetan, kedua pengaturan simpang, ketiga keterlibatan personil Dishub untuk melakukan kelancaran lalu lintas di beberapa titik yang ada dan bekerjasama dengan jajaran Kepolisian, keempat pengawasan dan penertiban parkir yang tidak pada tempatnya, kelima melengkapi sarana dan prasarana rambu, dan masih banyak lagi,” kata Edi.

Baca Juga  PHRI Magetan Ingin Ada Tandon Air Darurat di Wisata Telaga Sarangan

Sebagai informasi, Kabupaten Magetan telah menerima kurang lebih 8 Penghargaan Wahana Tata Negara (WTN), dimulai dari tahun 2012, dan ditahun 2024 ini merupakan kali ke-8 penerima Penghargaan WTN.

“Tentunya dengan keberhasilan ini kami berharap untuk tahun-tahun yang akan datang bisa mempertahankannya dan terus mendapatkan penghargaan. Dishub sendiri tidak hanya berhenti disini saja, masih terus berupaya mencari dan mengembangkan inovasi-inovasi yang dapat menekan turun angka kecelakaan dan pelanggaran pengguna jalan di Kabupaten Magetan, agar masyarakat merasa aman, nyaman, dan dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan oleh Pemkab Magetan melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan,” tutup Edi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *