Tanggulangi Kekurangan Air Bersih Dampak El Nino, Pemkot Madiun Siapkan 20 Truk Tangki

Wali Kota Maidun, Maidi

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kota Madiun menyiapkan 20 truk tangki air untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga yang mengalami kesusahan air bersih akibat dampak El Nino tahun ini.

Wali Kota Madiun, Maidi menyatakan dua puluh mobil tangki berisi air bersih siap menanggulangi warga yang mengalami kekurangan air bersih akibat dampak kekeringan. Sepuluh truk tangki berada di PDAM dan sepuluh lainnya disiapkan di Dinas Perkim.

“Jadi ada 20 truk tangki yang sudah kami siapkan. Keduapuluh mobil tangki berisi air bersih disiapsiagakan di dua organisasi perangkat daerah (OPD). Semuanya dalam kondisi standby. Begitu ada masyarakat yang membutuhkan truk tangki langsung datang memberikan bantuan air bersih,” kata Maidi, Selasa (15/8/2023).

Orang nomer satu di Pemkot Madiun itu mengatakan kesiapan 20 truk tangki diperlukan mengingat tahun ini diprediksikan musim kemarau akan berlangsung lama akibat dampak El Nino.

Untuk itu dirinya sudah memerintahkan jajaran OPD untuk mempersiapkan truk tangki pengangkut air bersih selalu siap sedia manakala dibutuhkan oleh masyarakat.

Mantan Sekda itu menyatakan warga yang membutuhkan air bersih, kata Maidi, warga dapat menghubungi Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) atau PDAM Kota Madiun. Pasalnya, 20 truk tangki berisi air bersih sudah disiapkan untuk mendistribusikan ke seluruh wilayah di Kota Madiun.

Meski dampak kekeringan terjadi di berbagai kabupaten, Maidi memastikan sampai saat ini belum ada pengeluhan warga kesulitan mendapatkan air bersih. Biasanya dampak kekeringan pada masim kemarau panjang melanda wilayah bagian timur Kota Madiun.

Kendati demikian, Pemkot Madiun tetap menyiapkan 20 truk tangki untuk mengantisipasi warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Baca Juga  Danpos TNI AL Selayar Angkat Bicara Sikapi Fenomena Perubahan Warna dan Aroma Air Laut

“Sampai saat ini belum ada laporan dari warga yang kekurangan air bersih. Biasanya saat musim kemarau di wilayah timur ada yang mengalami kekurangan. Namun sampai saat ini belum ada laporan,” kata Maidi.

Pos terkait