Tingkatkan Penjualan Produk, Wali Kota Madiun Minta IKM Segera Urus Sertifikat Halal

SERAHKAN SERTIFIKAT—Wali Kota Madiun, Maidi menyerahkan sertifikat halal kepada pelaku IKM pada acara sosialiasi Sertifikasi Halal Gratis Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Madiun di I Club Madiun, Rabu (10/5/2023).

Beritatrends, Madiun Kota – Wali Kota Madiun, Maidi meminta Industri Kecil dan Menengah (IM) produk makanan yang ada Kota Pendekar segera mengurus sertifikat halal. Pasalnya saat ini Kementerian Agama membuat program sertifikasi halal gratis dengan kuota 1 juta.

“Sertifikat halal bagi IKM produk makanan itu sangat penting agar produk-produk mereka itu terjamin kehalalannya. Jadi saya minta kepada pelaku IKM segera mengurusnya karena saat ini ada program sertifikasi halal gratis,” kata Maidi seusai Sosialiasi Sertifikasi Halal Gratis Bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Madiun di I Club Madiun, Rabu (10/5/2023).

Maidi mengatakan saat ini sebanyak 300 IKM produk makanan di Kota Madiun, Jawa Timur, telah mendapatkan sertifikat halal. Untuk itu diharapkan IKM yang lain segera mengurus sertifikasi kehalalan produk makanannya.

Bagi orang nomer satu di Kota Madiun itu, sertifikasi halal sebuah produk makanan menjadi penting untuk peningkatan penjualan produk IKM. Dengan demikian semua konsumen mendapatkan kejelasan bahwa produk makanan yang dibeli masuk kategori halal.

Mantan Sekda Kota Madiun itu pun menegaskan pemerintah akan memfasilitasi dan mendampingi sehingga pelaku IKM dapat mengurus sertifikasi halal secara cepat. Hanya saja, ia mengingatkan pelaku IKM harus menyiapkan berbagai persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi produk halal.

“Pelaku IKM ya harus memenuhi syarat-syaratnya untuk mengurus sertifikasi produk makanan hala,” tutur Maidi.

Sementara itu Satgas Halal Kementerian Agama Kota Madiun, Datik Ardiah menyebut lima bulan terakhir sudah 300 IKM yang mendapatkan sertifikat halal.

Baca Juga  Dukung Pembangunan Mushola Al Muttaqin, Anggota Koramil Gandusari Gelar Gotong Royong Bersama

Usaha IKM yang mendapatkan sertifikasi halal mulai dari produk makanan seperti roti, sambal pecel dan lain-lainnya.

“Dari bulan Januari hingga Mei 2023 sudah ada sekitar 300 IKM di Kota Madiun yang mendapatkan sertifikat halal,” kata Datik.

Datik menegaskan pengurusan sertifikasi halal produk makanan saat ini gratis. Untuk itu seluruh IKM didorng segera mengurusnya lantaran saat ini ada program sertifikasi halal gratis dari Kemenag dengan kuota 1 juta.

“Program sertifikasi halal gratis dan bisa diakses seluruh pelaku IKM. Kami pun siap mendampingi bila ada yang akan mengurusnya,” tutur Datik.

Untuk mengurus sertifikasi halal produk makanan dan minuman, Datik menyatakan pelaku IKM tinggal melengkapi syarat berupa KTP, NIB usaha, produknya jelas, dan setiap produk mempunyai label.

Pos terkait