Turunkan Angka Stunting, Perumdam Kabupaten Madiun Serahkan Bantuan Paket Makanan Bergizi

Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto menyerahkan paket bantuan makanan bergizi bagi anak-anak stunting di Desa Joho, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024).

Beritatrends, Madiun – Untuk membantu Pemerintah Kabupaten Madiun menurunkan angka kasus stunting, Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Dharma Purabaya menyerahkan bantuan paket makanan bergizi bagi anak-anak stunting.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto saat melakukan monitoring bulan timbang terpadu di Desa Joho, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024).

Penjabat Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto usai menyerahkan bantuan menyatakan jumlah kasus stunting di Kabupaten Madiun setiap bulan mengalami penurunan. Bahkan angka pravelensi stunting di Kabupaten Madiun turun dari 7,3 persen menjadi 6,9 persen.

“Setiap bulan kasus stunting di Kabupaten Madiun sudah mengalami penurunan. Saat ini kasus stunting turun dari 7,3 persen menjadi 6,9 persen,” kata Tontro.

Agar kasus stunting makin menurun, jelas Tontro, Pemkab madiun terus menggelar monitoring agar dapat memastikan komitmen dari setiap desa untuk intervensi penurunan angka stunting. Dengan langkah itu, Pemkab Madiun terus berkomitmen menangani stunting dan membuat Madiun menjadi zero stunting.

Tontro mengatakan Pemkab Madiun terus melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka stunting. Selain melakukan penanganan pada anak yang terkena stunting, juga melakukan upaya pencegahan dengan mengedukasi kepada orang tua agar memberikan perhatian kepada anak untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan yang cukup.

Direktur Perumdam Tirta Dharma Purabaya, Sumariyono (berkacamata) mendampingi Penjabat Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto saat memonitoring bulan timbang terpadu di Desa Joho, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024).

Sementara itu Direktur Utama Perumdam Tirta Dharma Purabaya, Sumariyono menyatakan bantuan paket makanan bergizi merupakan komitmen PDAM membantu Pemkab Madiun menurunkan angka stunting.

Baca Juga  Seluruh Fraksi DPRD Ponorogo Dukung Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

“Bantuan yang kami berikan merupakan komitmen kami dalam membantu Pemkab Madiun menurunkan kasus anak stunting. Paket makanan bergizi yang diberikan berupa susu, telur dan makanan bergizi lainnya,” kata Sumariyono.

Sumariyono menyatakan selain meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) kehadiran perumdam juga berorientasi sosial. Salah satunya dengan memberikan bantuan paket makanan bergizi bagi anak-anak yang terkena stunting.

“Selain berorientasi bisnis, PDAM juga berorientasi sosial guna mewujudkan Kabupaten Madiun yang Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak. Prinsipnya kami siap membantu Pemkab Madiun untuk menurunkan angka stunting,” demikian Sumariyono.

Pos terkait