WELCOME TO THE VILLAGE SAMBIROBYONG

Profil Desa, Potensi Desa, Sejarah Desa, Desa Sambirobyong,

Beritatrends, Magetan – Desa Sambirobyong merupakan salah satu desa belahan Bumi Pertiwi dengan menyimpan berjuta hal yang menakjubkan,

Desa Sambirobyong salah satu desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
Dengan luas kurang lebih sekitar 174 hektar yang terbagi atas 3 Dusun, yakni dusun blogan, mroto dan juga dusun podang, Total Penduduk desa Sambirobyong ini sendiri mencapai kurang lebih sekitar 1400 jiwa yang terbagi atas 511 KK.

Dan terlihat masyarakat dan warga penduduk desa ini tak luput dari kehidupan yang damai dan saling berdampingan.Desa Sambirobyong bisa dikatakan lebih dari cukup untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat umumnya berdasarkan data monografi desa tahun 2022.

Secara geografis Desa Sambirobyong dapat dideskripsikan sebelah barat berbatasan dengan desa Durenan, sebelah utara berbatasan dengan desa campursari, sebelah timur berbatasan dengan desa candi, dan sebelah selatan berbatasan dengan desa nitikan.

Dengan mayoritas mata pencaharian yaitu petani, yang notabene adalah pertanian. Dari 80 hektar pertanian hampir semua lahan pertanian ditanami ubi jalar.

Dibawah kepemimpinan Sukarna yang sudah menjabat sebagai kepala desa selama 2 periode terakhir ini, Desa Sambirobyong mampu melaraskan beberapa program dan kebijakan, baik dari Pemerintah Pusat maupun dari pemerintah daerah yang tidak lain guna memajukan perekonomian masyarakat, Yang sesuai dengan Visi Misi dari Pemerintah Desa yaitu “Membangun Desa yang Maju, Adil dan Martabat.”

Adapun Beberapa program Pemerintah Desa tersebut diantaranya, program penunjang pertanian, program usaha mikro, kecil dan menengah, program wirausaha, serta program pemberdayaan masyarakat yang lainya.Tak luput dari beberapa program tersebut, juga perlu adanya dukungan penuh dari perangkat desa, elemen masyarakat, BPD, Tokoh Agama, serta tokoh pemuda atau karang taruna.

Selain potensi pertanian juga terdapat kerajinan bambu yang mayoritas dikerjakan oleh ibu-ibu guna menunjang perkonomian keluarga serta menunjang taraf hidup masyarakat, selain itu juga terdapat beberapa umkm produksi makanan ringan serta potensi peternakan yang mulai disukai oleh kalangan anak-anak muda, dengan memelihara sejenis domba untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Disamping hal tersebut desa sambirobyong juga dikenal dengan desa seni, sebab di desa ini terdapat sanggar-sanggar atau paguyuban yang sering diikutkan untuk event-event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten dan sering mendapatkan juara.

Menurut cerita nenek moyang dulu, Desa Sambirobyong semula terdiri dari 3 desa yaitu desa podang, jeblokan serta geger, akan tetapi dalam masa pemerintahan kepala desa Hiruk Gunung akhirnya ketiga dari desa ini dijadikan satu, dan akhirnya dinamai Dengan Sambirobyong.

Nama Sambirobyong sendiri diambil dari sejenis nama pohon yaitu Sambi atau sejenis pohon Beringin, yang mempunyai akar yang banyak sehingga menjulur hingga batas wilayah desa yang lain.

Program kerja dari pemerintah desa setelah adanya covid-19 mengutamakan infrasrtruktur yang diprioritaskan jalur irigasi buat pertanian, dengan dibangunya saluran-saluran irigasi dapat meningkatkan produksi pertanian yang merupakan mata pencaharian pokok penduduk, selain itu pemerintah desa juga mendorong para peternak-peternak ataupun pemuda dapat berkembang lebih maju lagi, yang sehingga dapat mengurangi keinginan para pemuda untuk mencari pekerjaan di luar desa.

STEATMEN : SUKARNA (KADES SAMBIROBYONG)

Kearifan local yang jarang ditemui diperkotaan selalu hadir dengan baik dalam suasana pedesaan. Kehangatan masyarakatnya dan keunikan ragam kebudayaanya mampu memberikan energy positif tersendiri bagi yang singgah maupun yang datang. Antara alam dan manusia bersinergi bersama,menciptakan suatu komponen kehidupan yang selaras, semua saling membutuhkan dan juga saling mengasihi satu dengan yang lainya.

Pos terkait