50 Anak Ikuti Khitan Ceria di Masjid Bani Solan Magetan

Beritatrends, Magetan – Yayasan Masjid Bani Solan (MBS) bekerja sama dengan alumni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis di Masjid Bani Solan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (2/7/2023).

Sebanyak 50 anak mendaftarkan diri di kegiatan bertajuk Bakti sosial (Baksos) Khitan Ceria tersebut.

Anak-anak sebagian besar merupakan warga Magetan dan warga sekitar Masjid Bani Solan.

Mereka tampak sangat antusias mengikuti baksos tersebut, begitupun dengan tim medis yang telah datang sejak pagi hari.

Proses sunatan massal berlangsung lancar tanpa kendala. Acara Khitan Ceria ini merupakan kolaborasi antara Masjid Bani Solan dan para dokter dari Unair yang terdiri atas 72 tenaga medis.

Dari 72 tenaga medis, terdapat
12 dokter spesialis dan 60 dokter umum yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Unair. Mereka turut serta dengan sukarela hadir memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat Magetan.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa menggelar bakti sosial khitan massal bagi anak-anak Magetan yang dibantu oleh tim medis dari alumni Fakultas Kedokteran Unair,” kata Ketua Yayasan MBS Siti Choiriana atau Ana.

Menurut dia, antusiasme masyarakat Magetan mengikuti acara ini sangat besar.

Hal itu terlihat dari jumlah peserta maupun kehadiran orang tua anak dan warga sekitar Masjid. Jumlah anak yang akan mendaftar sebenarnya cukup banyak, namun panitia membatasi untuk 50 anak.

Menurut Ana, acara Khitan Ceria ini sengaja diadakan pada masa liburan sekolah.

Harapannya memberikan kesempatan bagi anak untuk mengikuti acara tersebut
tanpa mengganggu aktivitas belajar.

“Kami ambil momentum liburan sekolah agar anak-anak dapat mengikuti acara ini tanpa terbebani dengan tugas sekolah. Selain itu, dengan melibatkan 72 dokter, kami dapat memberikan pelayanan secara optimal,”ujarnya.

Baca Juga  Sepedaku ini Menjadi Teman Sehidup Semati, Terimakasih Pejuang Dhuafa

Ana berharap, Khitan Ceria tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta yang disunat, tetapi juga membantu warga yang kesulitan ekonomi dalam menyunat anaknya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan semacam ini dapat terus diadakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, serta memperkuat kerjasama antara lembaga keagamaan dan tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada
masyarakat.

Ana menjelaskan, Masjid Bani Solan hadir untuk semua lapisan masyarakat dan golongan. Masjid ini tak hanya dipakai sebagai aktivitas keagamaan, tetapi diharapkan menjadi pusat kegiatan keislaman lainnya misalnya acara bakti sosial, wisata religi, edukasi, dan lainnya.

Warga yang ikut pada kegiatan Khitan Ceria mengapresiasi acara ini sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan anak-anak. Khitan ini juga sangat bermanfaat bagi warga yang kurang mampu untuk menyuratkan anaknya.

“Kami sangat berterima kasih atas adanya acara Khitan Ceria ini. Selain membantu kami dalam meringankan biaya sunat anak, kami juga mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat mengenai kesehatan anak,” ujar salah satu orang tua.

Pos terkait