AKBP Putu Yudha Prawira Pukul Habis Peredaran Narkotika di Asahan

  • Whatsapp

Saat memusnahkan Barang Bukti

Beritatrends, Asahan – Selamat kepada Polres Asahan dan Polda Sumut yang hingga detik ini masih berjibaku secara konsisten menjaga Asahan dari kepungan para bandar narkotika. Saya memahami betapa berat tugas Polres Asahan dalam memerangi peredaran gelap narkotika, terutama menjaga jalur masuk melalui wilayah laut.

Keberadaan pelabuhan-pelabuhan tikus yang hingga saat ini tidak dapat dihitung jumlahnya, karena sifatnya yang sementara dan berada di titik-titik lokasi yang sulit diakses oleh kegiatan patroli rekan-rekan kepolisian membuat proteksi wilayah dan perlindungan terhadap masyarakat dari peredaran gelap narkotika cukup sulit atau tricky.

Saya meyakini, sepanjang wilayah laut kita masih belum kuat untuk menahan laju peredaran, maka semakin mudah pula para bandar mendistribusikan barang haram tersebut kepada tangan-tangan penduduk kita yang ada di Asahan, maupun Tanjung Balai.

Filosofi “pertahanan terbaik adalah menyerang” sangatlah tepat untuk dipakai Polri dalam memerangi peredaran gelap narkotika.

Pengungkapan para “bandar kecil” ini memang patut diapresiasi, namun jauh lebih baik apabila Polri mampu melakukan pemetaan yang inklusif guna membangun serangan terhadap para bandar sebelum narkotika-narkotika itu bergerak untuk didistribusikan. Mungkin itu Pekerjaan Rumah yang paling berat di pundak Polri saat ini (tentunya bersama BNN).

Tapi di sisi lain, saya harus mengangkat topi kepada AKBP Putu Yudha Prawira (Kapolres Asahan) beserta seluruh jajarannya yang selalu bergerak aktif dalam melakukan penindakan terhadap kejahatan narkotika.

“Patut diingat, Luas Kabupaten Asahan ini 5 kali lebih besar daripada Negara Singapura dan ditambah pula bahwa Asahan adalah jalur primadona para sindikat narkotika internasional untuk melakukan peredaran gelapnya. Dengan beban yang begitu berat, pengungkapan sejumlah kasus peredaran narkotika oleh Polres Asahan harus diapresiasi. Teruslah bekerja untuk memastikan Polri Presisi nyata terwujud di Bumi Rambate Rata Raya.

Oleh DR. Hinca IP Panjahitan XIII SH MH ACCS Asli Anak Asahan

Pos terkait