Akibat Supir Berhenti Sembarangan ,Truk Yang Dikemudikan Terguling Dijalur Sendi Pacet-Mojokerto

Petugas saat evakuasi truk yang terguling mengunakan tali seling di bantu warga

Beritatrends, Mojokerto – Jalur tengkorak Sendi-Pacet terkenal dengan turunan yang tajam,sehingga sering terjadi Kecelakaan akibat rem kendaran gagal fungsi.

Kejadian laka Lantas kali dialami oleh Sukar (40) asal Mojoagung,yang mengendarai truk Colt Disel terguling di jalan turunan AMD Sendi-Pacet.Dia bercerita awal kejadian bermula pada hari Senin(13/05/2024) sekira pukul 13:40 Wib,ketika dia baru saja mengirim sekam padi dari Malang mau kembali ke Mojoagung-Jombang melalui jalur sendi-Pacet, sesampainya di Res area Sendi (AMD) truk nopol S 8275 NE yang dia kendarai berhenti karena ada pipa besi tajuk yang mau jatuh.

Sukar lebih lanjut mengungkapkan, setelah selesai membenarkan besi tajuk kemudian dia(driver) kembali menuju kendaraan truknya untuk menyalakan mesin kendaraan, Namun mesin tidak mau menyala dan otomatis pengereman menjadi tidak berfungsi sehingga menyebabkan truk melaju turun.

Selanjutnya,Sukar berinisiatif menabrakkan truk kendaraannya ke ketebing sebelah kiri jalan agar truk tidak melaju lebih kencang ,untuk menghidari jatuhnya korban dari pengendara lain.

Setelah menabrakkan kendaraannya ke tebing, Truk mengalami oleng dan terguling dengan posisi bak menghadap ke arah timur dan menutup sebagian badan jalan.

“Setelah parkir membenahi kabel tajuk mesin tidak mau menyala (trobel) saya mau hidupkan kembali mesin tidak bisa nyala , sehingga kendaraan remnya tidak fungsi dan langsung melaju ,karena panik saya berusaha menabrakan batu sisi kiri jalan,”ungkapnya.

Sementara itu ,Kapolsek Pacet AKP Agus Setiawan,SH.,M.H.,mengatakan evakuasi berjalan kurang lebih 1,5 jam karena mengunakan alat manual. Anggota polsek pacet bersama koramil pacet dibantu masyrakat sekitar tiba di TKP melaksanakan evakuasi dengan menarik truk dengan menggunakan tali baja (seling), katrol manual (mesin kretek) dan 1 unit truk untuk menahan truk terguling agar tidak meluncur kebawah.

Baca Juga  Turnamen Catur Cepat Bupati Cup 2 Dibuka Langsung Bupati Bengkayang

Masih kata Agus ,kejadian kecelakaan truk yang terguling berawal saat sopir truk sehabis mengirim sekam padi di daerah Malang,selanjutnya sopir kembali ke Mojoagung melalui jalur batu-canggar -sendi Pacet.Setelah sampai di turunan AMD Sendi Pacet .

“Sopir berhenti karena ada besi tajuk yang mau jatuh,kemudian sopir membetulkan,setelah itu sopir naik kemudi untuk menyalakan mesin,tapi kendaraan langsung menggelender kebawah kurang lebih 10 meter ,sopir kemudian menabrakan kendaraanya ketebing kiri jalan ,sehingga terguling,”jelas AKP Agus,Senin(13/05)

Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa ,hanya proses evakuasi yang berjalan agak lama karena mengunakan alat manual.

Penulis :Susilo

Pos terkait