Aplikasi SIDAB Dilaunching Kantor KPU Magetan

  • Whatsapp

Penyerahan penghargaan dari KPU untuk Bupati Magetan

Beritatrends, Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan menggelar Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilihan Berkelanjutan Triwulan III Tahun 2021 dan Launching Aplikasi SIDAB (Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan). Selasa (19/10/2021)

Aplikasi SIDAB yang dilaunching di Kantor KPU Magetan oleh Devisi Data dan Informasi KPU Jatim ini untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat tentang informasi data pemilih berkelanjutan.

Aplikasi SIDAB ini merupakan sebuah aplikasi data pemilih berkelanjutan yang digunakan untuk kegaiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dan updating data pemilih guna mempersiapkan pemilihan umum serentak tahun 2024 secara online, yang terkoneksi dengan jaringan internet yang meliputi 3 akses yaitu pemilih, Desa Kelurahan, dan admin (operatur KPU magetan)

Ketua KPU Magetan Fahrudin S.Ag mengatakan bahwa kali ini telah melaunching Aplikasi SIDAB (Sistem Informasi Pemutakhiran Data Pemilihan Berkelanjutan)

“Jadi KPU setiap bulan itu berkewajiban untuk melaksanakan pemutakhiran data, yang mana itu nanti Rakornya dengan beberapa stakeholder dilaksanakan selama 3 bulan sekali.” jelas Ketua KPU Magetan. Selasa (19/10/2021)

Dari data itu akan dimutakhiran pergerkan data apa saja, disitulah nanti tugas aplikasi ini untuk mendeteksi pergerakan – pergerakan tersebut.

Pihaknya menambahkan, untuk starting aplikasi dimulai pada hari ini, dan pertiga bulan sekali sudah dipakai untuk aplikasi ini kemudian akan diketahui sejauh mana efektifitas pemakaiannya.

“Nantinya aplikasi ini akan dipantau untuk mengetahui pergerakan – pergerakan data di desa, dan targetnya rencana pilkades 2023 yang akan datang juga akan menggunakan aplikasi SIDAB ini untuk pemutakiran data.” terangnya.

Lanjutnya, Sistem penggunaan aplikasi SIDAB ini sebetulnya sangatlah sederhana sekali dan itu nanti bisa dipakai di desa dan masyarakat nanti bisa melihatnya.

“Dalam penggunaan aplikasi SIDAB ini memang dibutuhkan pengetahuan ITE, dan bagi desa yang belum mengetahui lebih dalam tentang ITE akan diberikan edukasi – edukasi pendampingan.” tegasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto,. SH. M.Si mengatakan SIDAB ini merupakan sebuah aplikasi baru untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat.

“Sebuah aplikasi itu tidak ada artinya kalau semuanya tidak menjaga, menjaga dalam artian memanfaatkan dengan baik itu cara menjaga aplikasi yang di tawarkan.” jelasnya.

Oleh sebab itu, ini harus menjadi komitmen bersama, sehingga nanti bisa memudahkan dan keakuratannya juga terjaga apalagi dalam launching ini juga sudah dimulai Pilot Project dengan desa Klodokan.

“Pilot Project itu menurut saya sangatlah bagus, dan ini KPU Magetan menurut saya sangatlah strategis pemikirannya, yang mana dengan launching aplikasi SIDAB ini ada 1 pilot project nantinya apabila ini berhasil akan direplikasi, yakinlah sesuatu yang baik itu pasti akan menular walaupun secara perlahan.” imbuh Kang Woto.

Pihaknya menambahkan, semoga kedepan aplikasi SIDAB ini bisa sukses dan bisa menjadi milik bersama kedepannya.

“Aplikasi SIDAB ini baru di launching dan belum dilaksanakan, saya kira nanti perlu waktu untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aplikasi SIDAB ini, dan nantinya akan di evaluasi apabila sudah diketahuinya.” ucapnya.

Lanjutnya, ini nanti akan dicoba di satu desa terlebih dahulu nanti otomatis disana akan ada sosialisasi kepada masyarakat.

“Setelah nanti dicoba disalah satu desa otomatis nantinya akan dilaksanaan sosialisasi kepada masyarakat untuk penggunaan aplikasi SIDAB dan pastinya sesuatu yang baik akan menular walaupun itu secara perlahan.” tutup Bupati Suprawoto.

Pos terkait