Babinsa Ajak Warga Binaan PSN Dengan Menggalakkan 3 M Plus

 

Sertu Rapinel mengajak warga binaannya melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan menggalakkan 3 M Plus.

Beritatrends, Rawajitu Utara, Mesuji – Babinsa Desa Sidang Way Puji, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Sertu Rapinel mengajak warga binaannya melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan menggalakkan 3 M Plus.

Imbauan itu, ia sampaikan ketika melakukan komunikasi sosial atau komsos di kediaman Dedy salah satu warga binaannya, yang berada di TR 36 Desa Sidang Way Puji, Minggu, 20 November 2022.

“Tujuan kami berkeliling desa mendatangi warga adalah mengingatkan mereka agar dapat membuang sampah pada tempatnya dan tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah masing-masing,” terang Sersan Rapinel.

Di musim penghujan seperti yang terjadi saat ini, kata dia, berbagai jenis penyakit mudah berkembang biak. Terutama penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Personel Koramil 426-03 Rawajitu Kodim 0426 Tulang Bawang ini mengajak masyarakat menggalakkan pola gerakan 3 M Plus yakni menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember air.

Kemudian, menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum dan kendi.
Selanjutnya, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Plus-nya adalah melakukan pencegahan DBD dengan menaburkan bubuk larvasida atau bubuk abate tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk dan kelambu, menanam tanaman pengusir nyamuk serta mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah.

“Ini adalah cara supaya wabah DBD tidak menyebar di lingkungan tempat kita tinggal.
Nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD akan mudah berkembang kalau di lingkungan tempat tinggal kita terdapat banyak genangan air dibarang bekas yang berserakan di sekitar rumah,” tegas dia.

Pos terkait