Bakesbangpol Magetan Beri Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Purnawirawan TNI/POLRI

Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Purnawirawan TNI/POLRI

Beritatrends, Magetan – Menyongsong pesta demokrasi tahun 2024, masyarakat tentu masih beresiko terpapar berita bohong atau hoax. Salah satunya, disebabkan rendahnya literasi politik di masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Magetan menggelar sosialisasi pendidikan politik, di Pendopo Surya Graha, Jumat (15/09/2023). Kali ini ditujukan bagi purnawirawan TNI dan POLRI.

Kepala Bakesbangpol Magetan, Chanif Tri Wahyudi mengatakan, sosialisasi pendidikan politik sangat penting dilaksanakan. Tujuannya, guna memberi motivasi dan kesadaran untuk berpartisipasi pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kegiatan sosialisasi pendidikan politik dilaksanakan dalam rangka persiapan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, agar peran dan kewajiban untuk mendukung terwujudnya tatanan sistem politik dan demokrasi yang aman dan berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Magetan Suprawoto saat membuka acara menjelaskan, sebelum menjadi purnawirawan, anggota TNI POLRI tidak memiliki hak pilih alias netral.

Untuk itu, pihaknya mengajak para pemilih pemula dapat menjadi pemilih yang cerdas, aktif, dan responsif. “Mari kita pilih wakil yang sesuai amanah kita, yang memperjuangkan kepentingan rakyat,” ajak Bupati.

Bupati juga menghimbau seluruh unsur masyarakat dapat bersama-sama mewujudkan Magetan yang tertib dan damai, khususnya mendekati Pemilu 2024.

“Mari lakukan deteksi dan cegah dini terhadap setiap gangguan dan potensi konflik dalam penyelenggaraan Pemilu, serta mendorong partisipasi masyarakat untuk mengikuti pemilihan dengan hadir di TPS setempat, dan menghindari politik uang dengan lebih mengedepankan rasionalitas,” himbau Bupati.

Untuk diketahui, acara tersebut turut menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan sebagai narasumber, salah satunya membahas mengenai ‘Prinsip dasar pemilu yang jujur, adil, dan tidak diskriminatif’, yang disampaikan oleh Nur Salam dari Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM (Sosdiklihparmas dan SDM).

Baca Juga  Hartiknas, Ketua DPRD Magetan : Mari Bangkit Dari Keterpurukan

Pos terkait