Batik Fashion Show di Magetan

Peserta dari tingkat SD saat beraksi  berlenggak lenggok menunjukkan penampilannya

Beritatrends, Magetan – Indonesia, dengan segala kekayaan budaya, alam dan nusantara sepertinya tak akan bosan bila kita kaji satu demi satu. Kekayaan alam yang menjadi daya tarik wisata, sampai bermacam seni khas dari berbagai pelosok di Indonesia selalu bisa jadi bahasan budaya yang segar.

Batik hadir dalam setiap langkah kehidupan masyarakat Jawa. Batik menjadi elemen dalam berbagai upacara adat yang terkait dengan daur kehidupan manusia. Lembaran-lembaran Batik hadir saat kelahiran yang digunakan sebagai kepohan bayi, pada saat upacara kedewasaan, pernikahan, hingga acara kematian sebagai penutup jenazah, yang disebut luruhnya layon.

Batik memiliki beragam motif dengan aneka warna, batik bukan hanya sebuah kain semata. Namun cerita yang ditumpahkan oleh sang pembatik yang menciptakan sebuah karya penuh cerita. Perjalanan dalam menciptakan satu buah kain batik tak mudah, dan tidak singkat.

Diawali dari pemilihan kain Mori yang cocok dengan tinta Malam, pemilihan bentuk canting guna membentuk pola awal sampai pada tahap pelukisan, sampai pembilasan kain. Sebuah proses panjang yang penuh rasa.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si saat membuka Batik Fashion Show 

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si pada saat acara Batik Fashion Show di Depan Pendopo Surya Graha menjelaskan, Batik Fashion Show di Magetan ini adalah dalam rangka untuk memberikan peluang kepada anak-anak kita, berkreasi untuk berani tampil di depan, mulai dari Paud sampai dengan SLTA, Sabtu (6/8/2022) malam.

Bahwa ada sebuah profesi yang tidak kala menjanjikan yaitu sebagai disainer ya, sebagai pragawati, kalau ditekuni akan sangat bagus.

Akan sangat bagus sebab itu kuwajiban kita untuk memberi luang, yang kedua juga perajin Batik di Magetan sekarang ini sudah mencapai 48 perajin batik.

Peserta dari tingkat SMP berlengak lenggok nunjukkan penampilannya

Jadi perlu dikenalkan dengan cara beginikan, dikenal masyarakat, masyarakat sendiri akan kenal prodak-prodaknya itu adalah beberapa upaya yang kita lakukan.

“Pihaknya berharap dengan DPC Tatalia yang menyelenggarakan Batik Fashion Show yang bekerja sama dengan Pemda ini diberharapkan akan menjadi agenda tahunan kedepannya,”pungkas Suprawoto.

Pos terkait