Bawaslu Magetan Siap Awasi Pesta Demokrasi Pemilu 2024

Satu Tahun Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Magetan Siap Awasi Pesta Demokrasi

Beritatrends, Magetan – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) terhitung tinggal satu tahun lagi. Berbagai pihak terkait tentu sedikit banyak akan terlibat, mulai dari proses persiapan hingga penyelenggaraan pesta demokrasi di tahun 2024 mendatang, tak terkecuali dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Seperti diketahui bahwa Bawaslu merupakan lembaga yang bertugas mengawasi jalannya Pemilu. Menyongsong Pemilu yang semakin dekat, Bawaslu Magetan menyatakan siap untuk mengawasi tahapan Pemilu di tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Magetan, Hendrad Subyakto, dalam sambutannya saat gelar ‘Apel Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024’, Selasa (14/2/2023) di halaman Kantor Bawaslu Magetan.

Hendrad menjelaskan bahwa berkaitan dengan pengawasan, Bawaslu Magetan akan selalu menjunjung tinggi upaya preventif atau pencegahan.

“Kami berupaya untuk pencegahan, yakni dengan selalu mengadakan kajian dan menganalisa setiap potensi kerawanan pelanggaran,” ujar Hendrad.

Pihaknya juga berkomitmen akan lebih intens untuk mengadakan komunikasi dengan segenap elemen masyarakat terkait, untuk bersama menciptakan Pemilu damai, lancar, dan berkualitas.

“Kunci pemilu lancar dan damai adalah ketika penyelenggara dapat menyelenggarakan sesuai peraturan yang ada. Begitu pula peserta juga harus dapat mengikuti regulasi yang ditentukan,” terangnya.

Dalam hal ini, lanjut Hendrad, kesiapan Bawaslu tak hanya dilihat dari segi pengecekan regulasi kepengawasan semata, akan tetapi pengawasan partisipatif masyarakat pun juga terus akan terus didorong.

“Agar Pemilu 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas, tentu peran dari pengawas tidak lepas dari peran masyarakat Magetan juga. Sehingga dalam hal ini pengawasan partisipatif adalah bagaimana mendorong masyarakat untuk ikut serta mengawasi dan menjaga hubungan antar lembaga. Ini ditekankan agar Magetan minim pelanggaran Pemilu,” pungkas Hendrad.

Baca Juga  54 Panwascam Magetan Dilantik

Sementara itu, kesiapan fisik dalam bentuk infrastruktur pun juga telah disiapkan oleh Bawaslu bersama Pemkab Magetan. Pada kesempatan tersebut juga turut diresmikan Kantor Baru Bawaslu Magetan, yang saat ini beralamatkan di Jl. Letjen Sutoyo No.31 Sukowinangun, Magetan.

Karena sebelumnya kantor tersebut merupakan bangunan yang difungsikan untuk sekolah, Bupati Suprawoto yang hadir untuk meresmikan kantor baru Bawaslu berpesan agar tidak berkecil hati karena renovasi juga akan terus dilakukan.

“Kantor yang saat ini demikian bukan alasan untuk tidak menghasilkan karya. Justru seperti dalam kutipan, apabila sesuatu yang kecil tapi dapat bermakna besar, berarti sebuah kepintaran. Tinggal bagaimana kita mengelolanya,” tutur Bupati.

Pos terkait